Reset Password BIOS



Ada dua jenis password dalam BIOS. Pertama adalah password startup, yang kedua adalah password untuk melakukan setting pada BIOS. Jika anda lupa pada jenis password yang pertama maka anda tidak akan dapat menjalankan komputer sama sekali. Bila kebetulan anda mengalami kejadian tersebut maka anda dapat melepaskan baterai pada motherboard. Kebanyakan motherboard yang ada saat ini menggunakan baterai kecil yang digunakan untuk menyediakan pasokan listrik. Dengan melepaskan baterai pada motherboard, maka seluruh memory yang telah anda set ke dalam motherboard akan hilang dan BIOS akan kembali pada kondisi seperti semula tanpa password. Namun anda juga akan kehilangan setting yang telah dibuat pada BIOS sebelumnya.

Langkah untuk melepaskan baterai motherboard adalah dengan membuka casing serta mencabut semua kabel yang terhubung dengan arus listrik dari Sumber tegangan. Kemudian carilah sebuah baterai kecil yang mirip dengan sebuah tombol pada motherboard. Lepaskan baterai tersebut dengan hati-hati dan setelah 30 detik kemudian pasang baterai tersebut kembali.

Pada beberapa jenis motherboard, baterai disolder ke motherboard sehingga agak sulit untuk melepaskan baterai tersebut. Bila anda menjumpai kasus semacam ini maka anda harus mencari jumper untuk menghilangkan password BIOS. Bila anda masih menyimpan buku panduan motherboard anda bisa mencari lokasi jumper tersebut, namun bila tidak ada anda bisa mencarinya langsung di motherboard karena biasanya pada motherboard disertakan label untuk jumper ini. Bila anda tidak dapat menemukan keduanya, anda bisa mencarinya di daerah sekitar baterai.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Rawat WebGreen said...

teriam kasih ya ka udah mau berbagi di bloggnya , dan maaf say izin promo nih :DD

http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment