Pro dan Kontra Printer Multifungsi



Dunia selalu berusaha mencari cara untuk membuat segala sesuatu yang terintegrasi untuk kemudahan dalam penggunaan. Terdapat banyak sekali jenis peralatan yang sudah terintegrasi sehingga sebuah peralatan bisa memiliki beberapa fungsi sekaligus. Jika dilihat dari satu sisi, penggabungan beberapa alat menjadi satu dapat menguntungkan namun dari sisi lain juga dapat menjadi sebuah masalah. Kali ini yang akan kita bahas adalah sebuah printer all-in-one atau printer multifungsi. Alat tersebut merupakan gabungan dari sebuah printer, mesin fotocopy, fax, dan sebuah scanner. Berikut adalah alasan-alasan yang ditinjau dari kedua sisi.

Keuntungan printer all-in-one

Perangkat ini dapat menghemat tempat, karena jika kita harus memiliki semua fungsi tersebut sendiri-sendiri tentu akan memakan tempat bila ruangan kita tidak terlalu besar. Itulah sebabnya printer all in one menjadi sebuah pilihan yang tepat. Perangkat ini akan memberikan tempat yang lebih luas untuk peralatan lain atau untuk staff anda.

Hemat Biaya

Biaya untuk pengadaan sebuah printer multifungsi jauh lebih rendah dibandingkan bila kita membeli semua peralatan tersebut secara terpisah, sehingga alokasi dananya bisa digunakan untuk membeli peralatan yang lain. Selain itu ada biaya lain yang bisa dihemat yakni biaya untuk pembelian atau toner. Bila kita menggunakan printer multi fungsi kita cukup membeli satu jenis tinta atau toner namun bila kita menggunakan peralatan yang terpisah maka kita harus membeli tinta atau toner untuk setiap alat tersebut.

Perawatan yang mudah

Dari faktor perawatan lebih mudah karena kita hanya melakukan perawatan satu mesin. Jika anda memiliki peralatan tersebut secara terpisah maka anda juga harus mendownload update driver untuk setiap perangkat. Saat anda mengisi kertas pada sebuah printer multifungsi maka secara otomatis anda juga mengisi kertas untuk mesin fotokopi, hal ini bisa memudahkan khususnya bila anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dikerjakan.

Kerugian printer all-in-one

Hal pertama yang benar-benar potensial membuat masalah pada printer multifungsi adalah bila salah satu fungsi peralatan tersebut mengalami kerusakan. Bila salah satu fungsi saja rusak, maka anda tidak akan dapat mencetak dokumen, melakukan fotocopy, scan, atau menerima fax. Dengan kata lain bila salah satu fungsi rusak maka semua akan ikut tidak berfungsi, oleh karena itu memiliki printer jenis ini sangat beresiko.

Biaya Operasional

Bila anda melakukan pekerjaan yang menuntut untuk sering melakukan pencetakan dokumen maka hal ini akan menjadi beban biaya tersendiri. Anda akan bergantung sepenuhnya kepada tinta yang harusnya digunakan secara bersama oleh semua fungsi mesin. Artinya anda harus membeli tinta atau toner lebih banyak dengan harga tinta yang lebih mahal karena tinta tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan fotocopy dsb.

Maka bila anda akan membeli sebuah printer multifungsi maka anda haruslah mempertimbangkan dampak positif dan negatif yang akan anda dapatkan.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Rawat WebGreen said...

terima kasih ya ka untuk setiap artikelnya
dan maaf saya izin promo di setiap artkelnya juga :D
http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment