Printer



Saat anda ingin membeli sebuah komputer, hal apa yang akan menjadi pertimbangan anda? Komputer tersebut haruslah memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Demikian pula saat anda ingin membeli sebuah printer tentu saja hal yang menjadi pertimbangan adalah sebuah printer yang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan harian anda.

Personal Computer Printer

Printer yang termasuk dalam kategori in adalah mencakup printer inkjet dan laser. Resolusi dari kedua jenis printer tersebut dinyatakan dalam dpi (dots per inch) yang juga sama dengan ukuran resolusi monitor. Hal tersebut berarti semakin tinggi jumlah dots per inch yang dimiliki oleh sebuah printer, maka akan semakin baik dalam mencetak sebuah gambar dan biasanya harganyapun lebih mahal. Juga distribusi yang dots yang merata antara vertikal dan horizontal juga memberikan hasil cetakan dengan kualitas yang lebih baik daripada distribusi dots yang tidak merata. Sebagai contoh sebuah printer dengan resolusi sebsar 1,200 x 1,200 menghasilkan gambar dengan menggunakan 1,440,000 dots per square inch. Resolusi tersebut akan menghasilkan cetakan yang lebih baik daripada printer dengan resolusi sebesar 1,440x720 dpi (1,036,800 dots per inch.)

Inkjet vs. Laser

Sebuah printer inkjet mencetak gambar dengan menyemprotkan tetesan tinta melalui sebuah pipa. Hampir seluruh printer inkjet saat ini mampu menghasilkan sebuah gambar berwarna dengan menggunakan kombinasi warna hitam, biru (cyan), magenta dan kuning. Beberapa jenis printer inkjet dibuat secara khusus untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi dan sering disebut dengan printer foto.
Sedangkan sistem yang digunakan pada printer laser adalah sebuah proses eletrostastik seperti halnya yang digunakan pada mesin fotokopi. Printer Laser dapat digunakan untuk untuk mencetak gambar hitam putih maupun warna. Namun kebanyakan orang lebih memilih printer laser tanpa warna karena printer laser yang berwarna harganya cukup mahal.

Bila anda memerlukan pencetakan gambar warna anda sebaiknya membeli sebuah printer inkjet daripada printer laser karena jenis printer ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga sebuah printer laser

Dengan menggunakan printer anda dapat mencetak data-data yang anda perlukan. Setelah anda scan dokumen atau foto dan melakukan manipulasi terhadapnya untuk hasil yang optimal anda dapat menggunakan printer laser untuk mencetaknya. Dalam waktu yang relatif singkat resolusi jenis printer ini telah mengalami kemajuan pesat, dan juga dari segi harga juga akan semakin murah sehingga lebih terjangkau bagi pengguna.

Memilih dan membeli printer tidak serumit dan jauh lebih mudah daripada membeli sebuah komputer. Printer-printer dengan teknologi baru terus dikembangkan untuk memenuhi standar yang lebih baru, namun hal tersebut tidak membuat printer inkjet dan laser ketinggalan zaman. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan survey sebelum anda memutuskan membeli printer, dan seperti biasanya pertimbangkan anggaran yang anda sisihkan untuk membelinya. Beberapa merk tertentu lebih murah dibandingkan dengan lainnya tergantung dari fitur yang mampu dijalankan oleh printer tersebut.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Unknown said...

terima kasih ya ka untuk setiap artikelnya
dan maaf saya izin promo di setiap artkelnya juga :D
http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment