USB Hub



Sejak pertengahan 90-an kita telah menyaksikan lahirnya sebuah teknologi koneksi yang disebut Universal Serial Bus (USB) yang terus tumbuh hingga sekarang. Awalnya USB didesain untuk menghubungkan komputer dengan perangkat telekomunikasi dan perlahan lahan digunakan untuk menghubungkan seluruh perangkat yang terhubung ke komputer yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dunia IT saat ini.

Begitu banyak produk USB yang tersedia di pasaran saat ini dan beberapa diantaranya cukup mengejutkan, dari mouse dan keyboard, modem, eksternal hard drive, lampu dan cangkir penghangat kopi. Kebanyakan perangkat eksternal yang terhubung ke komputer menggunakan port USB. Karena itu tidak lama lagi para pengguna komputer akan bertanya apa yang harus saat semua port USB pada komputer telah terpakai seluruhnya.

Ada dua solusi untuk permasalahan tersebut, kita dapat menggunakan port USB secara bergantian saat menggunakan perangkat eksternal, atau membeli USB Hub. USB Hub adalah sebuah perangkat kecil yang memiliki dua atau lebih port USB. Saat USB port ini dihubungkan ke komputer maka anda akan bisa menghubungkan beberapa perangkat USB sekaligus tanoa harus mencabut USB yang lain. Ada empat jenis USB hub yang tersedia :

1. Internal USB PCI Card
Untuk menginstall internal PCI USB Card harus membuka casing komputer dan caranya adalah disisipkan ke dalam slot PCI yang tersedia pada motherboard, jenis ini tidak dianjurkan kecuali anda bisa menginstallnya sendiri. Bila komputer anda memiliki versi USB yang lebih lama yakni USB1.1 dan akan diupgrade ke versi USB2.0, versi windows anda juga harus diupdate sehingga komputer akan mendukung fungsi USB2.0.

2. USB Hub (Non Powered)
Sebuah USB Hub eksternal adalah sebuah perangkat sederhana dan murah, anda cukup memasukkannya ke dalam port USB yang tersedia. USB Hub jenis ini yang paling populer serta dapat digunakan baik pada Laptop maupun Desktop.

Perhatikan bahwa beberapa perangkat USB memerlukan tenaga listrik yang didapat melalui port USB komputer, biasanya perangkat mekanis seperti printer, scanner, kamera digital dan sebagainya. Type USB hub ini mungkin tidak dapat menyediakan tenaga listrik tersebut, khususnya bila digunakan secara bersamaan.

3. Powered USB Hub
Sebuah USB Hub eksternal yang juga dapat langsung dimasukkan ke dalam port USB pada komputer. Perbedaannya dengan yang non powered adalah jenis ini dilengkapi power supply sendiri.

Kebanyakan jenis USB hub ini dilengkapi oleh kabel panjang untuk memudahkan penempatannya. Ini menjadikan Powered USB Hub solusi terbaik bagi pengguna komputer desktop.

4. USB PC Card
Bila anda menggunakan laptop dan sering berpindah-pindah tempat, maka anda memiliki pilihan lain jenis USB Hub, USB PC Card atau juga dikenal dengan nama PCMCIA USB Card. Perangkat ini dimasukkan ke dalam slot PCMCIA laptop dan langsung memberikan 2 USB port ekstra pada laptop tanpa mengurangi jumlah port USB yangtelah ada.

Jenis USB Hub ini adalah yang paling populer digunakan untuk komputer laptop. Saat membeli sebuah USB Hun untuk komputer, pertimbangkan letak port USB pada komputer. Bila port USB terletak di belakan komputer atau tempat lain yang sulit dijangkau ada baiknya anda membeli USB Hub yang dilengkapi dengan kabel tambahan. Hal ini akan memudahkan anda untuk memasang atau melepas perangkat USB yang nantinya akan dihubungkan ke komputer.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

4 comments:

Anonymous said...

usb hub non power bisa buat flashdisk atau hardik external enggak ?.............terima kasih sebelumnya.................

rofiq said...

USB hub jenis ini tidak bisa digunakan untuk Ext HDD namun bisa digunakan untuk Flash Disk.

wentdays said...

mengapa ya paz aq gunakan 2 prgkat USB pake HUB USB no powered salah satu mesti crash ato gak bisa, aq coba mouse USB sma Bluetooth USB, ada solusi gak

Rawat WebGreen said...

terima kasih ya ka untuk setiap artikelnya
dan maaf saya izin promo di setiap artkelnya juga :D
http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment