Baterai Laptop


Tentu kita semua mengetahui bahwa sebaik apapun kita merawat baterai laptop, baterai itu lambat laun akan mengalami penurunan kinerja dan suatu saat akan mati.

Baterai notebook saat ini kebanyakan menggunakan jenis baterai lithium-ion, atau dikenal dengan sebutan li-on. Jenis baterai ini adalah jenis teknologi yang paling maju saat ini. Hal penting mengenai baterai ani adalah nilai Ah atau amp per hour.

Ah menunjukkan jumlah kapasitas arus (amp) dalam setiap jam. Jumlah ini menentukan berapa lama baterai tersebut dapat digunakan oleh laptop. Tentu saja kebutuhan power pada laptop akan mempengaruhi kinerja dari baterai. Ada jenis laptop yang menyerap banyak tenaga baterai (misalnya laptop yang dikonfigurasikan untuk multimedia kelas berat) sehingga baterai hanya mampu bertahan 2 – 3 jam saja, sementara dengan jenis baterai yang sama bisa bertahan sampai 8 jam pada laptop yang lain. Juga ada beberapa merk laptop yang menawarkan aksesori ekstra yang disebut Double battery yang menyediakan dua kali kapasitas baterai normal.

Normalnya baterai jenis lithium ion mampu digunakan selama 600 sampai 800 kali charge/discharge. Bila dihitung baterai tersebut mampu bertahan antara 1,5 sampai 3 tahun.

Di bawah adalah langkah-langkah yang disarankan untuk penggunaan baterai laptop yang benar :

1. Baterai pada laptop baru biasanya kosong. Pengisian pertama kali paling tidak selama 4 jam dan jangan gunakan baterai tersebut sebelum benar-benar terisi dengan penuh.

2. Jangan menunggu baterai benar-benar kosong saat anda akan mengisinya lagi, metode itu berlaku untuk baterai jaman dahulu.

3. Bila baterai sedang tidak digunakan dalam suatu periode waktu, maka jangan mengisi baterai tersebut hingga penuh, isilah hanya sebesar 10% dari kapasitas baterai.

4. Jangan menyimpan baterai di tempat yang terkena panas matahari langsung (seperti ditinggal di mobil). Baterai yang panas akan cepat terbuang isinya.

5. Usahakan tidak menancapkan langsung charger baterai pada sumber listrik PLN, melainkan melalui UPS.

6. Isilah dengan penuh baterai baru sebelum digunakan karena baterai yang baru memerlukan beberapa kali pengisian untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan tenaga yang maksimal

7. Cabut charger baterai dari sumber listrik bila baterai telah penuh. Karena baterai yang telah terisi penuh namun tetap dalam kondisi terisi akan membuat baterai cepat rusak



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Rawat WebGreen said...

teriam kasih ya ka udah mau berbagi di bloggnya , dan maaf say izin promo nih :DD

http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment