Disk Blue Ray



Dengan peningkatan jumlah pengguna komputer yang dipicu oleh semakin populernya internet, kekhawatiran dunia selanjutnya adalah masalah penyimpanan data. Dalam hitungan detik, sebuah server internet memiliki data dalam ukuran gigabyte yang harus disimpan dari seluruh dunia.

Pernahkah anda menyadari kemana semua data tersebut akan disimpan dan apa yang akan terjadi bila trend ini terus berlanjut beberapa tahun mendatang? Tidak diragukan lagi tentu akan muncul hard disk dengan dua layer (lapisan) dan banyak mekanisme penyimpanan yang lain, namun masih ada kekhawatiran masalah keamanan serta kualitas data yang tersimpan.

Untuk menjawab masalah tersebut, konsep disk Blue ray muncul dan mempermudah penyimpanan data dalam kapasitas yang besar dalam sebuah disk dengan ukuran beberapa inchi saja. Disk blue ray ini dapat digambarkan seperti disk optik memiliki kapasitas penyimpanan data jauh lebih besar dari DVD. Konsep ini sangat membantu saat kita memerlukan sebuah media untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Berikut adalah fitur yang ditawarkan oleh disk Blue ray:

a) Disk jenis ini mampu menyimpan data hingga 25 GB dalam satu lapisan (layer), jadi dengan Disk Blue ray dua lapisan (double layer) anda bisa menyimpan data sebesar 50 GB
b) Ukuran disk ini sama dengan ukuran Disk DVD atau CD yang tersedia saat ini
c) Disk ini menggunakan laser dengan ukuran gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan DVD. Konsep ini dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan menjadi puluhan kali lipat dari DVD.
d) Disk ini mendukung sebagian besar format dan dapat diterima oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi data dalam jumlah besar. Sebuah film yang dikemas dalam format ini mampu menampilkan detil yang sangat baik pada layar ukuran besar. Audio yang dihasilkanpunmenjadi sangat jernih dan nyaris tanpa noise.
e) Nama Blue ray secara sederhana diambil karena sinar laser yang digunakan untuk membaca data dari disk adalah menggunakan sinar laser warna biru.
g) Kapasitas Blue ray bila untuk menyimpan video mampu hingga 9 jam.
h) Blue ray dikemas dalam kemasan yang dilapisi bahan yang keras untuk keamanan data yang tidak dimiliki oleh keping DVD.

Dengan begitu banyak fitur yang dibawa, diharapkan konsep disk blue ray akan menggantikan peran DVD sebagai media penyimpan data. Satu-satunya hal yang mungkin akan menjadikendala saat ini adalah masalah harga, karena bila dibandingkan dengan disk DVD adalah jauh lebih mahal serta pemutar untuk keping jenis ini juga lebih mahal. Namun, banyak perusahaan pembuat komputer telah merencanakan untuk membuat komputer dengan kemampuan untuk membaca disk dalam format Blue ray yang akan terus membayangi penggunaan DVD atau CD, maka mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi disk dalam format CD atau DVD akan tinggal menjadi kenangan.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

2 comments:

Rawat WebGreen said...

terima kasih ka buat aartikelnya :D
dan maaf saya izin promo di artikelnya :D
http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Alex Irfani said...

nice info... gede juga sob 25GB, fd ane aja 16GB. hee
kunjungan sore sob, kunjung balik...


#silaturrahim

Post a Comment