Resiko program file sharing P2P


Berbagi file atau sharing file saat ini sudah sangat umum dilakukan oleh pengguna komputer. Anda bisa memperoleh program untuk sharing P2P (peer-to-peer) dan dapat berbagi berbagai file seperti musik, video atau software lain. Kita bisa menggunakan program tersebut secara gratis dan kebanyakan kita tidak mengetahui resiko saat kita menggunakan program tersebut. Berikut resiko yang dapat ditimbulkan oleh program yang melakukan download secara P2P :

1. Keandalan file yang harus dipertanyakan. Setelah kita memiliki program ini kita dappat men-download apapun yang kita suka. Musik favorit, berbagi macam software gratis, sepanjang file tersebut ada dapat kita download semua. Hacker atau apapun namanya menggunakan kesempatan ini. Mereka bisa menyisipkan Trojans, virus, spyware dan malware lain dan membaginya dalam jaringan P2P. Waspadalah terhadap jebakan ini agar anda tidak menjadi korbannya.

2. Program ini membuat komputer anda rentan terhadap serangan dari luar. Program P2P meminta anda untuk menonaktifkan firewall agar dapat saling berbagi atau men-download file dari jaringan P2P. Inilah yang membuat komputer anda menjadi rentan dan memberikan kesempatan kepada para penyusup kesempatan untuk menyerang komputer.
2. Melanggar privasi. Program P2P yang meminta anda unrtuk memberikan data informasi pribadi sangat diragukan untuk dapat menjaga data tersebut tetap aman. Karena keamanan data kita yang tidak terjamin, maka orang lain dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut dengan mudah.

3. Pembajakan. Apakah anda pernah mempertimbangkan bahwa host program P2P adalah tindakan ilegal yang melanggar hak kekayaan intelektual orang-orang yang telah bekerja keras untuk menghasilkan file tersebut, seperti sebuah industri musik yang dapat gulung tikar karena orang tidak peduli sepanjang mereka dapat men-download lagu secara gratis.

Untuk mencegah resiko tersebut maka sebaiknya anda tidak menggunakan program yang melakukan sharing file menggunakan program tersebut. Selain itu bila anda tetap ingin menggunakan file tersebut berikut adalah tips yang dapat anda gunakan untuk mencega resiko yang dapat timbul dari sebuah program P2P :

1. Jagalah agar antivirus yang terinstall pada komputer senantiasa dalam kondisi ter-update. Setiap hari selalu muncul jenis virus yang menyebar di internet.

2. Aktifkan firewall. Jika program ini meminta anda untuk mematikan firewall atau membuka port tertentu, jangan dituruti. Cari aja program yang sejenis yang tidak meminta anda untuk menonaktifkan firewall komputer.

Sekarang anda semua sudah tahu tentang program untuk berbagi file yang disebut Peer to Peer serta resiko yang dapat timbul. Tentunya semua terserah anda apakah masih mau menggunakan program tersebut atau tidak.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Rawat WebGreen said...

maaf ka saya izi promo yaa, dan artikel kaka bermanfaat koq ,, makasih :D

http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Post a Comment