Pro dan Kontra Software Gratis



Komputer, dengan segala kemampuan pemrosesan data, ruang penyimpanan yang besar serta tampilan grafis adalah sebuah perangkat modern yang banyak sekali membantu kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari, baik yang menyangkut pekerjaan ataupun hiburan. Sebuah alat yang membuat komputer dapat berfungsi sebagai perangkat yang sangat berguna adalah software atau perangkat lunak yang menterjemahkan semua teknologi ke dalam format yang dapat kita pahami dengan mudah.

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan komputer untuk tujuan lebih dari hanya sekedar pemroses kata atau untuk bermain game. Terdapat banyak sekali jenis perangkat lunak atau software yang tersedia untuk membantu hampir seluruh pekerjaan kita, namun tidak setiap software tersebut dapat diperoleh dengan gratis. Tetapi setiap software yang berbayar pasti akan ada software versi gratis sebagai alternatif pengganti. Software gratis telah ada sejak masa penggunaan komputer secara massal, namun tidaklah sebanyak saat ini dimana dunia telah terhubung dengan internet.

Jenis software gratis

Trial-ware, adalah software yang bisa digunakan secara gratis dengan waktu yang terbatas. Setelah masa percobaan tersebut habis maka anda diwajibkan untuk membeli bila masih ingin menggunakan software tersebut.

Shareware, software jenis ini dapat kita nikmati dengan gratis namun dibatasi dalam hal fiturnya, jika anda ingin menikamti fitur lengkap dari sebuah shareware maka anda harus membeli software tersebut.

Free-ware, adalah jenis software yang benar-benar gratis digunakan ataupun kita distribusikan ke orang lain yang memerlukannya.
Trial-ware dan Shareware baik digunakan untuk mencoba efektivitas sebuah software sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Salah satu perangkap dalam menggunakan jenis software ini adalah Salah satu perangkap dalam menggunakan jenis software ini adalah perusahaan yang memberikan software tersebut menerapkan taktik yang sangat agresif saat anda telah menginstall software jenis ini. Taktik tersebut adalah mulai dari munculnya pop-up secara terus menerus sebagai pengingat kita untuk membeli full version atau mengarahkan browser kita ke halaman mereka saat kita terhubung dengan internet. Bahkan beberapa software versi ini setelah kita install maka tidak dapat kita uninstall lagi sehingga akhirnya kita harus membelinya.

Sementara Free-ware adalah jenis software yang dapat kita nikmati dan distribusikan secara gratis. Namun kadang pada software ini juga dapat muncul pop-up sebagai pengingat software berbayar lain dari perusahaan yang memberikan software gratis tersebut.

Beberapa perusahaan nakal pembuat software ada yang mengiklankan produk mereka sebagai free-ware, namun kenyataannya mereka membatasi fitur dari software tersebut hingga kita membelinya.

Hal lain yang harus diperhatikan pada kedua versi, baik yang dibatasi maupun yang benar-benar gratis adalah ancaman virus. Aturan paling penting bila anda ingin mendapatkan software gratis adalah mengambilnya dari situs yang terpercaya serta memiliki reputasi yang baik. Setelah anda memperoleh software tersebut maka anda perlu melakukan scan terhadap virus, trojan atau spyware.

Beberapa keuntungan yang kita peroleh saat menggunakan software gratis antara lain adalah faktor biaya dan ketersediaan jenis software yang sangat beragam. Beberapa jenis free-ware ditujukan hanya untuk penggunaan secara pribadi, dan untuk tujuan bisnis yang lebih kompleks disediakan versi yang berbayar seperti software anti-virus. Jenis free-ware yang biasanya gratis untuk semua jenis pengguna biasanya adalah software “Open Source”. Software ini dibuat dan dikembangkan oleh semua orang yang berkontribusi terhadap pembuatan software ini.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment