DLL Error



10% pengguna komputer pernah mengalami error dll. Saat kita menyalakan komputer atau saat kita tengah menggunakannya, kita akan menerima pesan pop-up yang berbunyi : Couldn't find ***.DLL. Jenis error ini kerap mengganggu pengguna komputer dengan OS Windows. Mengapa error tersebut bisa timbul dan bagaimana cara mengatasinya?

DLL (Dynamic-link library) adalah sebuah file yang penting dalam Operating System Windows. File tersebut berisi kode umum, data atau sumber daya lain yang memungkinkan sebuah programn berbagi dengan perangkat lunak yang lain. Bila file ini telah kadaluwarsa, rusak atau hilang maka anda mungkin tidak akan dapat menjalankan beberapa program.

Memperbaiki DLL Error

Cara terbaik untuk mengatasi error tersebut adalah dengan mendownload file DLL yang baru untuk menggantikan DLL yang kadaluwarsa, rudak atau hilang tersebut. Anda bisa mencarinya di internet situs yang menyediakan file DLL. Bila anda melakukan langkah tersebut dengan benar, maka anda dapat secara menual memperbaiki error karena file DLL tersebut.

Biasanya file DLL dalam system OS Windows disimpan di folder C:\WINDOWS\system atau C:\WINDOWS\system32. Tetapi kesulitannya adalah menemukan folder yang tepat dimana file DLL tersebut disimpan, karena file dengan nama yang sama dapat dijumpai pada beberapa folder.

Sebagai contoh, kita dapat menemukan file shell.dll pada folder C:\WINDOWS\system32 dan C:\WINDOWS\system32\dllcache. Namun saat file shell32.dll ini rusak, sangat sulit menemukan dimana letak file tersebut disimpan dalam folder. Karena shell32.dll dimiliki oleh lebih dari 20 folder pada komputer. Jika anda salah menempatkan file tersebut dalam folder yang salah maka akan menjadi sebuah bencana bagi komputer.
Kesalahan pada penempatan file tersebut dapat mengakibatkan Windows crash dan anda perlu untuk melakukan install ulang komputer anda. Lebih disarankan untuk melakukan perbaikan terhadap file DLL menggunakan repair tool daripada memperbaikinya secara manual. Hal itu akan lebih menghemat waktu dan membebaskan and dari resiko rusaknya OS pada komputer. Anda dapat menemukan software tersebut di internet.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment