Merubah file Power Poin Menjadi MPEG




Suatu ketika mungkin kita pernah mendengar atau bahkan bertanya : bagaimana merubah format Power Point menjadi MPEG. Jadi apa sih MPEG itu? Mengapa kita perlu merubah format Power Point menjadi MPEG.

Apakah MPEG itu?
MPEG (file video), kependekan dari Moving Picture Experts Group, sebuah nama standart yang digunakan untuk melakukan coding informasi audio visual (seperti film, video, musik) dalam format digital yang di-kompress.

MPEG-1, MPEG-2, MPEG-3, MPEG-4 adalah sebagian besar ekstensi yang dipakai dalam file MPEG, dan kebanyakan digunakan untuk membuat film atau lagu untuk upload dan download melalui Internet.

Biasanya kita dapat membuka file MPEG dengan Windows Media Player, Apple QuickTime Player, Roxio Easy Media Creator, Cyberlink PowerDirector, Cyberlink PowerDVD, Multimedia player lainnya.

Mengapa perlu merubah format Power Point menjadi MPEG
PowerPoint biasanya disimpan dalam format ekstensi PPT, PPTX, PPS, PPSX. Untuk dapat melihat file ini kita memerlukan Program Power Point yang terinstall dalam komputer. Jadi bila kita tidak mempunyai program tersebut yang telah terinstall pada PC maka kita tidak dapat membuka file dari Power Point. Namun tidak demikian halnya dengan file MPEG yang dapat kita buka dengan beberapa multi media player.

Uraian di atas salah satu alasan mengapa kita perlu merubah convert Power Point menjadi MPEG. Berikut adalah beberapa keuntungan lain yang kita dapatkan dalam merubah file PowerPoint menjadi MPEG.
1. Setelah merubah file PowerPoint menjadi MPEG, burn file MPEG tersebut ke dalam media CD atau DVD menggunakan software burner, maka kita dapat menikmati file tersebut melalui televisi dengan menggunakan CD atau DVD Player.
2. PowerPoint yang bertujuan sebagai sarana promosi atau presentasi lainnya untuk hiburan ataupun berbagi tentang sebuah hal dapat di-upload melalui internet setelah dirubah menjadi MPEG.
3. Merubah file Power Point menjadi MPEG memungkinkan kita untuk melihat file PowerPoint pada perangkat portabel seperti iPod, ponsel dan MP4.

Merubah file PowerPoint to MPEG
Sekarang anda sudah menegetahui bahwa ada begitu banyak keuntungan untuk mengubah PowerPoint to MPEG, bagaimana kita melakukannya? Ada beberapa software yang tersedia mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar yang dapat kita download di internet, diantaranya adalah Wondershare, topshareware atau dari etinysoft.
Selamat mencoba




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment