Menghindari Virus




Virus komputer sangatlah berbahaya, apalagi pada saat ini dimana kebutuhan internet mendukung banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari. Virus, Adware dan spyware dapat membuat komputer menjadi lambat dan pada beberapa kasus bahkan dapat membuat komputer tidak dapat beroperasi, yang dapat menggangu pekerjaan kita. Ada berbagai cara untuk menghindari virus tersebut

Salah satu cara termudah untuk menghindari virus adalah menghindari melakukan klik pada situs yang tidak kita inginkan atau dengan kata lain jangan meng-klik pada situs dari hasil pop-up. Pop sulit untuk dapat dikontrol, karena pada beberapa situs dapat keluar beberapa pop-up saat kita membukanya. Pop-up tersebut kadang-kadang sangat menggoda kita untuk melakukan klik terhadapnya, khususnya untuk anak-anak yang belum mengetahui masalah pop-up dengan baik. Anak-anak harus diajari untuk mengabaikan pop-up semacam itu yang dapat membawa virus ke dalam komputer. Cara terbaik adalah menutupnya segera setelah pop-up muncul.

Sistem Keamanan komputer juga dapat dipergunakan bila pengguna memasukkan data ke dalam situs yang tidak aman. Pada beberapa situs sangatlah mudah bagi para hacker untuk mencari data detail tentang bank kita atau informasi tentang kita, khususnya pada situs yang menyediakan pembelian secara online. To menghindari hal semacam ini, misalnya penyalahgunaan data bank kita, disarankan untuk melihat warna baris alamat tempat kita mengetikkan alamat situs pada bagian atas layar. Bila baris tersebut berwarna hijau, maka sertifikat keamanan pada situs tersebut terupdate dan semua informasi yang kita masukkan ke sana akan aman. Apabila baris tersebut berwarna merah, maka setifikat keamanan situs tersebut bermasalah dan hindari memasukkan data pribadi ke dalam situs semacam ini.

Cara lainnya yang paling sering digunakan adalah dengan menginstall anti-virus, yang akan menghentikan program yang tidak kita inginkan atau virus menjangkiti komputer kita.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment