Problem Shutdown Windows



Hal yang sering terjadi pada Windows adalah lambatnya pada saat kita melakukan proses shutdown. Apakah anda sering merasa bosan menunggu pada saat windows shutdown? Apakah anda sering dihadapkan kotak dialog “end task” pada saat proses shutdown? Jika anda sering mengalami hal tersebut maka anda mungkin memiliki masalah shutdown yang lambat pada komputer.

Pada saat komputer anda dimatikan, proses tersebut harus menutup setiap program yang masih beroperasi. Biasanya proses ini bekerja tidak memakan waktu yang terlalu lama, namun adakalanya pada saat melakukan proses ini sistem anda hang dan menolak untuk shutdown. Hal ini dapat disebabkan oleh kesalahan dalam satu program yang menyebabkan perlambatan ekstrem atau bahkan menghentikan proses tersebut.

Troubleshooting untuk kasus seperti ini dimulai dengan modifikasi terakhir apa yang anda ke sistem. Meskipun tidak selalu akibat dari modifikasi yang kita lakukan, kadang-kadang pada saat kita menginstall software dapat menyebabkan slowdowns ini. Cobalah menguninstall program yang baru anda install menggunakan fitur Add and Remove Programs pada Control Panel. Setelah berhasil meng-uninstall, reboot PC dan lihat apakah shutdown normal. Jika demikian, penyebabnya adalah program tersebut. Periksa update dari program tersebut di internet untuk melihat apakah telah dilakukan perbaikan pada program yang baru kita uninstall tersebut sehingga tidak menyebabkan lambatnya proses shutdown lagi.

Jika anda baru saja melakukan update windows atau program lain atau instalasi driver baru dan proses shutdown menjadi lambat, maka cobalah untuk melakukan memulihkan kondisi windows seperti pada saat anda belum melakukan semua update tersebut mengakses System Restore dan kembalikan settingan ke tanggal sebelum anda melakukan update.

Pertimbangkan kemungkinan infeksi virus atau spyware. Program jahat ini dapat menyebabkan masalah pada saat shutdown. Jalankan scan virus dan spyware menggunakan definisi virus terbaru yang tersedia dari vendor anti-spyware dan anti-virus untuk menyingkirkan virus dan spyware.

Kemungkinan potensial penyebab lain terletak pada profil pengguna pada komputer. Jika Anda telah menambahkan profil baru ke dalam komputer, bisa jadi terkait dengan masalah dengan registry Windows. Lihat Microsoft Download Center untuk User Profile Hive Cleanup Service, download gratis yang dirancang untuk membersihkan profil pengguna Anda.

Lambatnya proses shutdown dapat dihindari dengan langkah sederhana dengan perawatan rutin. Windows dilengkapi dengan beberapa built-in utilitas yang dapat membantu. Utilitas Disk Cleanup dapat membersihkan hard drive dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Disk Defragmenter juga berguna untuk mengumpulkan semua bagian data yang berserakan dan menyatukan mereka sehingga lebih mudah bagi Windows untuk menemukan apa yang dibutuhkan secara efisien.





Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment