Memilih Casing



Salah satu komponen terpenting dari PC Anda adalah casing. Memilih casing PC yang baik merupakan langkah penting dalam merakit komputer Anda, karena hal itu akan ikut menetukan kualitas PC. Casing menentukan jumlah komponen PC yang dapat anda miliki, dan juga menentukan bagaimana suhu yang beroperasi di PC Anda. Serta yang tak kalah pentingnya adalah menentukan tampilan sebuah PC.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih casing PC.
Yang pertama adalah seberapa besar ukuran casing tersebut. Jika anda tidak memiliki ruang yang cukup luas akan lebih baik untuk memilih jenis casing yang relatif kecil.

Faktor kedua adalah ruang internal atau ruang dalam casing itu sendiri. Hal ini sangat penting karena menentukan berapa banyak komponen yang dapat dimasukkan ke dalam PC Anda. Tidak ada gunanya membeli casing yang lebih kecil kemudian tidak dapat menempatkan video card baru yang memiliki 3 fan di dalamnya. Anda mungkin ingin menambahkan beberapa DVD atau CD burner juga tetapi untuk melakukan hal ini dibutuhkan ruang yang lebih banyak pada casing. Satu hal yang harus diperhatikan adalah overheating. Jika Anda memasukkan beberapa komponen yang menghasilkan panas ke dalam casing yang kecil maka anda akan mendapatkan masalah dengan overheating.

Ketiga adalah casing tersebut harus mendukung motherboard. Mungkin terdengar seperti sesuatu yang sederhana, tapi pastikan motherboard anda secara fisik akan cocok dengan casing.

Faktor keempat adalah mempertimbangkan sistem pendingin casing. Jika anda berencana untuk melakukan over-clocking komputer anda, maka akan perlu banyak pendingin untuk menghindari kerusakan pada komponen. Pendinginan yang cukup berarti memasang kipas (fan) di lebih banyak tempat. Untuk kasus tersebut maka anda memerlukan casing yang mendukung instalasi dari beberapa fan pendingin.

Nah sekarang anda sudah mengetahui bahwa memilih casing tidaklah sesederhana kelihatannya. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan yang dapat mempengaruhi kinerja PC secara keseluruhan.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment