Komputer Crash



Jika anda pernah mengalami komputer anda tiba-tiba ngadat, anda mungkin akan bertanya-tanya "Mengapa komputer saya ngadat ketika saya sangat membutuhkannya?" Meskipun mungkin tampak seperti hanya kebetulan yang sangat disayangkan bahwa komputer anda mengalami trouble tepat pada saat anda mengerjakan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, namun sebenarnya itu bukanlah suatu kebetulan karena pada saat kita sangat memerlukan komputer tersebut tentu saja kita membuat komputer itu bekerja ekstra, maka tanpa perawatan berkala yang memadai tentu saja komputer tersebut tidak mampu.

Mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab kerusakan tersebut bisa menjadi sulit jika anda bahkan tidak tahu darimana harus memulai. Namun, anda juga harus ingat bahwa komputer tidak akan langsung ngadat atau mati seperti itu. Dalam kebanyakan kasus, sebelum kerusakan tersebut terjadi komputer akan memberikan tanda-tanda akan terjadinya kerusakan tersebut. Jika anda dapat mengenali tanda-tanda ini, anda dapat mengambil langkah-langkah untuk melakukan tindakan pencegahan, atau setidaknya melakukan backup data terlebih dahulu.

Bila anda terlalu sering menggunakan komputer, komputer sangat mungkin mengalami crash. Sebagian besar masalah komputer disebabkan oleh terlalu panas, ventilasi yang buruk dan penggunaan berlebihan. Ketiga kondisi tersebut apabila terakumulasi dapat menyebabkan komputer anda stress. Ada beberapa komputer yang mampu melakukan shutdown sendiri saat mengalami panas berlebihan. Apabila terjadi kasus tersebut yang harus anda lakukan hanyalah memberikan waktu kepada komputer untuk “menenangkan” diri sejenak sebelum anda gunakan kembali. Namun dalam beberapa kasus, kelebihan panas juga dapat menyebabkan kerusakan hardware.

Tapi jika Anda bertanya, "Mengapa komputer saya crash terus-menerus?" maka permasalahan mungkin pada software. Virus adalah penyebab umum bagi orang-orang yang sering men-download file ke komputer mereka atau komputer yang berada dalam jaringan besar. Jika anda pikir anda merasa terlindungi dari virus, mungkin penyebab crash tersebut karena antivirus itu sendiri. Percaya atau tidak, software anti-virus terkenal menjadi perangkat lunak penyebab crash. Pastikan untuk membaca pada software anti-virus untuk setiap masalah yang dikenal.

Hal lain adalah hardisk yang terfragment atau banyaknya sampah registry yang juga sering menjadi penyebab komputer menjadi crash. Selalu pastikan untuk menjalankan defrag dan membersihkan registry secara berkala.

Sangat penting agar anda selalu mewaspadai tanda-tanda komputer yang akan mengalami crash, sehingga anda masih sempat membuat backup data bila diperlukan.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment