Memilih Komponen Komputer




Bila membeli komputer, kita harus mempertimbangkan tidak hanya kualitas dari komponen internal tetapi juga kualitas komponen eksternal yang baik.

Peripheral komputer dari printer sampai Web Cams, merupakan komponen penting dalam kegiatan komputasi kita jika bukan yang paling utama, tergantung pada keinginan dan kebutuhan kita. Ketika Anda dihadapkan dengan keharusan memilih peripheral, pertimbangkan beberapa aspek sebelum melakukan pembelian: utilitas, kombinasi antara harga dan kualitas serta fungsi dari komponen tersebut.

Jadi, ketika membeli printer, anda harus mempertimbangkan mengapa anda membelinya. Sebagai contoh, jika dimaksudkan untuk menunjang aktifitas pekerjaan akan digunakan secara teratur untuk mencetak dokumen serta kebutuhan kantor yang lain, maka pilihan yang optimal adalah all-in-one printer yang dapat mencetak, memindai dan beroperasi sebagai mesin faks sekaligus. Tetapi, jika anda ingin sebuah printer rumah biasa untuk mencetak hasil foto dari kamera digital anda maka pertimbangkan untuk membeli printer berwarna atau bahkan mungkin printer laser.

Keyboard dan mouse biasanya menjadi satu paket saat anda membeli sebuah PC baru. Carilah mouse yang sesuai dengan warna casing PC anda. Jenis mouse yang saat ini banyak digunakan adalah mouse dengan optik atau nirkabel. Untuk lebih memudahkan optimalisai fungsi multimedia ada baiknya keyboard yang digunakan adalah jenis multimedia keyboard, dan tersedia pula keyboard nirkabel yang akan lebih memudahkan kita.

Saat ini terdapat casing komputer yang terbuat dari acrilic dengan desain transparan sehingga semua komponen yang ada di dalam bisa kelihatan serta memberikan kesan futuristik pada saat dinyalakan karena mengeluarkan cahaya yang berwarna-warni. Casing tersebut sangat cocok untuk jenis PC GameKasus komputer jelas ini benar-benar baik sesuai dengan komputer yang akan dimainkan game besar. Casing komputer yang jelas biasanya terbuat dari akrilik dan sepenuhnya transparan, yang berarti bahwa semua komponen batin yang dapat dilihat. Casing komputer transparan biasanya memiliki tema yang berbeda sesuai dengan warna dominan yang digunakan.

Saat ini komunikasi sering dilakukan melalui Internet. Jadi ada baiknya untuk memanfaatkan sarana tersebut untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang dekat dengan kita dengan membeli sebuah webcam real time serta sebuah microphone sehingga dalam berkomunikasi seakan-akan anda berada di ruang yang sama dengan lawan bicara.

Ada beberapa jenis peripheral komputer lain di pasaran: eksternal hard drive, pengeras suara (dari yang berukuran mini sampai yang sangat besar) scanner, card reader untuk kamera digital Anda dan banyak lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar peripheral yang anda butuhkan dan kemudian pergi berbelanja untuk peripheral tersebut. Untuk jenis peripheral tertentu yang dapat digabungkan seperti printer dan scanner ada baiknya membeli yang gabungan agar menghemat tempat.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment