Menentukan konfigurasi PC



Kali ini penulis akan coba untuk membantu anda dalam menentukan konfigurasi komputer Desktop.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah anggaran, berapa anggaran yang anda siapkan untuk merakit atau membeli komputer dan spesifikasi maksimum seperti apa yang akan anda dapatkan. Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah persyaratan minimum yang anda inginkan, spek PC desktop seperti apa yang Anda sangat butuhkan saat ini. Dua hal inilah yang menjadi pertimbangan utama dalam merakit sebuah komputer, menemukan keseimbangan yang baik antara performa dan harga. Setelah anda menentukan anggaran yang akan digunakan, anda juga harus menentukan aspek kinerja desktop tersebut, apakah ke dalam grafik? Kapasitas penyimpanan yang besar? Atau Kecepatan pemrosesan data? dan hal tersebut kembali didasarkan pada apa persyaratan minimum PC yang anda inginkan. Anda harus benar-benar memahami komponen yang dibutuhkan untuk memenuhi spesifikasi PC yang sesuai dengan keinginan anda dan mana komponen yang tidak terlalu dibutuhkan sehingga anda tidak mudah terpesona oleh casing yang menarik atau harga yang murah.

Persyaratan kinerja desktop yang anda inginkan akan sangat bergantung pada bagaimana anda menggunakan komputer tersebut nantinya. Kategori jenis PC sangatlah luas, sehingga disini akan coba untuk diringkas menjadi 3 kategori saja.

Yang pertama jenis desktop yang digunakan untuk bekerja. Untuk jenis komputer ini dibutuhkan menjalankan berbagai program yang berbeda sekaligus atau memungkinkan multi-tasking dan memiliki koneksi internet yang handal. Operating Sistem untuk komputer jenis ini disarankan menggunakan OS terbaru yang memiliki fungsi optimal untuk mendukung kerja anda. Kapasitas RAM juga diperhatikan walaupun kapasitasnya dapat kita tambahkan pada masa mendatang. Di sisi lain untuk komputer jenis ini tidak memerlukan kartu grafis atau sistem suara high-end. Persyaratan minimum untuk jenis komputer ini adalah prosesor yang cepat (di atas 2ghz), Operating Sistem yang memiliki aplikasi office yang memadai dan beberapa tambahan RAM.

Kategori lain adalah PC yang digunakan secara teratur atau biasa disebut PC ‘family’. Jenis PC ini adalah yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang, mengerjakan pekerjaan sekolah, chatting, bermain game dan dokumen bisnis. Dalam kasus seperti ini maka sebaiknya anggaran diutamakan kepada kecepatan pemrosesan data, kartu grafis, hard drive, RAM dan juga sistem suara. Media pemutar cakram juga diperlukan untuk jenis PC ini seperti halnya diperlukan monitor yang baik untuk kenyamanan menonton film atau melihat foto dari kamera digital anda.

Jenis yang terakhir adalah PC gaming yang dapat memainkan semua game terbaru, di sini terjadi pergeseran prioritas 'kekuatan' dari PC. PC jenis ini akan memerlukan prosesor kelas atas serta kartu grafis kelas atas dan banyak RAM ekstra. Untuk Operating sistem tidaklah harus terbaru serta tidak memerlukan ruang penyimpan yang terlalu besar.

Demikian, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment