Menghapus data dari Hard Disk Drive



Apabila anda akhirnya memutuskan untuk mengganti Hard drive lama dengan yang lebih besar dan lebih cepat sehingga dapat menyimpan lebih banyak file dan memiliki sistem lebih cepat. Ketika mengganti harddisk lama, jangan langsung membuangnya, tetapi pastikan dulu bahwa semua data yang tersimpan di dalamnya telah dihapus, terutama data-data pribadi anda. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk menghapus data dari harddisk lama tersebut.

Reformat Hard drive

Trik yang paling sederhana untuk menghapus file biasanya adalah dengan melakukan format ulang (reformat) hard drive. Tergantung pada sistem operasi Anda, ada banyak cara untuk memformat harddisk.

Format ulang suatu hard drive sebenarnya tidak benar-benar menghapus semua file dan data, langkah ini hanya mempersiapkan hard drive anda untuk menerima file baru dan menimpa file yang "dihapus". File lama Anda dapat dengan mudah diambil oleh siapa pun yang berniat melakukan hal itu, seperti penjahat dan pencuri data, melalui penggunaan software data recovery.

Jika anda menyimpan informasi sensitif dan pribadi dalam hard drive, tentu saja anda ingin menyingkirkan data tersebut sepenuhnya. Untuk dapat melakukan penghapusan sepenuhnya gunakan Disk Wipe Utility.

Menggunakan Disk Wipe Utility

Tidak seperti reformatting, data yang dihapus melalui Disk Wipe Utility tidak dapat dikembalikan (recovery) oleh software data recovery. Dengan Disk Wipe Utility, anda dapat mencegah pencurian data dan memastikan bahwa data rahasia anda tetap sebagai rahasia. Anda dapat men-download beberapa software disk wipe utility secara gratis di Internet.

Memusnahkan Hard Drive

Memusnahkan hard drive secara efektif dapat mencegah tindakan pencurian data pribadi anda, tetapi tentu saja hal itu mengakibatkan hard drive tersebut tidak dapat digunakan lagi. Hanya ada satu alasan yang dibenarkan bila hendak memusnahkan hard drive yakni orang yang benar-benar tidak memiliki waktu untuk melakukan reformating atau menggunakan disk wipe utility karena untuk melakukan proses tersebut dengan benar memakan waktu beberapa jam. Maka jika anda benar-benar tidak memiliki waktu luang dan ada begitu banyak data pribadi yang tersimpan dalam hard drive tersebut maka langkah ini adalah yang paling efektif untuk mencegah data pribadi anda diketahui oleh orang lain.

Ketika memusnahkan data dari hard drive, langkah terbaik adalah melakukan format ulang kemudian menjalankan disk wipes utility dan bukannya memusnahkan hard drive tersebut meskipun anda tidak lagi membutuhkan hard drive tersebut karena hard drive tersebut masih dapat dimanfaatkan oleh orang lain yang mungkin membutuhkannya serta untuk mengurangi jumlah limbah elektronik secara global.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment