Panduan Membeli netbook


Perkembangan laptop saat in telah berubah dari laptop berlayar lebar yang berat menjadi laptop yang kecil, ringan serta murah. Jika anda pernah membeli sebuah laptop maka anda akan mengetahui bahwa ukuran adalah salah satu faktor yang menjadi pertimbangan. Ada jenis laptop yang dibuat untuk kebutuhan spesifik dari pembeli, jadi penting untuk mencoba dan menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Jika anda memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk bertindak sebagai pengganti komputer desktop, bermain game, mengatur program atau perangkat lunak yang kompleks, maka notebook dapat menjadi pilihan anda. Jika anda memerlukan laptop dengan harga murah dan mudah dibawa untuk melaksanakan pekerjaan yang sifatnya ringan seperti video, musik dan browsing internet atau email maka netbook dapat memenuhi kebutuhan anda dengan sangat baik.

Sebelumemutuskan untuk membeli laptop ada baiknya anda mempertimbangkan bagaimana dan dimana laptop tersebut akan anda gunakan. Jika tujuan utama anda adalah hany melakukan pekerjaan yang tidak terlalu berat seperti yang tekah diuraikan di atas dan membutuhkan mobilitas maka netbook layak untuk anda pertimbangkan. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam membeli sebuah laptop adalah Prosesor yang menentukan kinerja dari laptop tersebut. Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas memori (RAM), semakin besar memori yang tersedia maka laptop akan mempunyai kinerja lebih baik. Untuk melakukan upgrade memory pada laptop tidaklah semudah melakukannya pad Desktop, oleh karena itu usahakan untuk membeli sebuah laptop dengan kapasitas memori yang cukup besar.

Ukuran layar laptop netbook merupakan salah satu tolok ukur yang juga penting. Layar netbook yang saat ini mendominasi pasar adalah layer dengan ukuran 8 – 10”. Perlu diketahui bahwa kualitas layar juga dipengaruhi oleh factor dimana netbook tersebut akan digunakan, misalnya tampilan layar laptop di dalam ruangan tentu akan berbeda dengan apabila digunakan di luar ruangan dimana intensitas cahaya dari luar sangat kuat. Netbook yang banyak dipajang di toko computer semuanya terlihat memiliki tampilan yang sempurna danini disebabkan oleh lapisan extra glossy coating pada layar monitor namun akan berbeda hasilnya bila digunakan di luar, jadi harus diingat untuk membeli sebuah netbook bukan hanya faktor kebutuhan anda namun juga harus diperhatikan dimana netbook tersebut akan banyak digunakan. Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa mencari informasi detail pada setiap situs produsen netbook sebelum memutuskan untuk membeli sebuah netbook.

Ketika membeli netbook usahakan untuk memilih netbook yang mempunyai kapasitas penyimpanan data yang besar, di pasaran saat ini tersedia netbook dengan kapasitas harddisk 160 GB yang akan cukup untuk menampung semua data yang anda perlukan. Jika Anda berencana untuk bekerja dengan spreadsheet, database atau foto digital maka dianjurkan untuk memilih yang lebih besar lagi. Faktor lain yang tak kalah penring adalah baterai, karena kalau netbook yang kita beli lebih banyak digunakan di luar ruangan sementara daya tahan baterai tidak mampu mengimbanginya tentu akan merepotkan anda nantinya karena tidak mungkin memiliki akses ke outlet listrik setiap saat ketika anda menggunakannya di luar ruangan jadi pilihlah netbook yang mampu memberikan suplay power dari baterai yang paling lama.

Walaupun anda sudah terbiasa menggunakan keyboard pada netbook ada baiknya anda mencoba keyboard pada netbook sebelum memutuskan untuk membeli karena ukuran tombol pada netbook relative lebih kecil daripada notebook dan bisa menimbulkan masalah bagi orang yang memiliki ukuran jari yang besar. Juga pastikan bahwa netbook yang anda beli memiliki kemampuan koneksi penuh baik akes melalui WiFi ataupun Ethernet (LAN).Periksa pula berpa jumlah port USB yang disediakan serta penempatan dari setiap port tersebut, hal ini berguna saat anda ingin menghubungkan perangkat eksternal tambahan seperti harddisk elsternal, kamera digital dan sebagainya. Umumnya netbook menyiapkan antara 2-4 port USB.

Ada pula penjual netbook yang memungkinkan anda untuk melakukan custom pada netbook yang anda beli sehingga anda lebih leluasa untuk membeli netbook sesuai dengan keinginan anda. Hal penting yang harus diketahui adalah ada beberapa komponen yang bisa diupgrade dan tidak bisa diupgrade, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment