Mencegah Penularan Virus via Flashdisk


Perkembangan flashdisk saat ini sudah sangat menjamur di dunia komputer. Kita sering sekali menggunakan perangkat tersebut sebagai sarana tukar menukar data. Besarnya kemampuan kapasitas penyimpanan data pada flash disk terus meningkat secara drastis. USB Flashdisk sangat digemari karena bentuknya yang kecil dankemampuan penyimpanan data yang besar sehingga praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Hal itu dianggap sebuah peluang bagi pencipta virus untuk membuat sebuah virus yang dapat menular dengan mudah melalui metode pertukaran data via Flashdisk. Umumnya adalah virus buatan lokal.


Metode penyebaran virus ini adalah melalui flashdisk yang sudah terinfeksi virus dan kemudian flashdisk tersebut dihubungkan dengan PC atau laptop yang sebelumnya sehat dan akhirnya komputer yang sehat itupun terinfeksi karena umumnya komputer akan mengenali flashdisk dan kemudian langsung menjalankannya melalui program Autoplay yang biasanya terdapat pada System Operasi Windows.

Untuk mengatasi penyebaran visrus tersebut cukup sederhana yakni kita tinggal mematikan program autoplay pada Windows sehingga saat flashdisk yang –tanpa kita sadari- terinfeksi oleh virus tidak akan secara otomatis menjangkiti komputer kita. Setelah kita me-nonaktifkan program autoplay pada windows kita tidak perlu lagi khawatir komputer kita terinfeksi virus secara otomatis. Berikut adalah langka-langkah sederhana untuk me-nonaktifkan fitur autoplay pada windows.

> Klik Start Menu – RUN
> Ketik : “gpedit.msc” tanpa tanda kutip kemudian tekan ENTER
> Setelah itu anda akan masuk ke jendela Group Policy
> Kemudian di jendela sebelah kiri carilah folder System dengan cara klik Local Computer Policy >> User Configuration >> Administrative Templates >> System setelah anda berada di folder System anda cari di windows sebelah kanan opsi Turn Off AutoPlay (akan terlihat bahwa opsi tersebut Not Configured) untuk merubah opsi tersebut, double klik Turn Off AutoPlay, kemudian akan muncul jendela Turn Off AutoPlay Properties, setelah itu anda beri ceklist pada pilihan Enable, dan pilihan Turn Off AutoPlay on anda pilih All Drives, lalu tekan OK.

> Untuk meyakinkan fitur tersebut aktif, restart komputer anda.

Setelah langkah tersebut selesai, maka media apapun (Flashdisk atau CD) tidak akan langsung dijalankan oleh Windows sebelum anad membukanya.
Namun langkah tersebut adalah hanya langkah pencegahan. Selanjutnya untuk meyakinkan bahwa flashdisk yang akan kita gunakan di computer bebas dari virus maka sebelum dijalankan ada baiknya flashdisk tersebut kita scan dulu menggunakan antivirus yang tentunya dengan data base yang ter-update.

Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment