Cara menghilangkan virus


Virus, semua pengguna komputer pasti tahu arti dari virus bahkan mungkin semua pengguna komputer pernah mengalami kenangan pahit dengan virus. Perkembangan Virus komputer seiring sejalan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Semakin canggih komputer maka semakin canggih pula virus yang nantinya muncul. Berikut adalah tips sederhana untuk mengatasi gangguan akibat virus.

Tidak ada satupun anti virus (AV) yang dapat mendeteksi semua jenis virus. Kenyataannya adalah hampir semua anti virus harus menunggu virus itu muncul sehingga ditemukan cara baru untuk mengatasinya. Kalau anda mendapatkan serangan virus, bukan berarti anti virus yang terpasang di komputer anda tidak bekerja atau tidak ampuh. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab mengapa anti virus tersebut tidak mampu mencegah virus itu masuk sebelum menginfeksi komputer. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi infeksi virus pada komputer anda. Jika computer anda sudah terinstal sebuah program AV maka maka jalankan langkah ke 2. Jika komputer anda tidak mempunyai program AV maka ikuti langkah pertama.

1. Saya tidak punya Anti Virus dan tidak ingin membelinya

Anda adalah tipe kebanyakan orang yang seperti saya juga, mengapa harus membeli jika ada yang gratis? Ada dua buah dari sejumlah antivirus gratisan yang cukup bagus yakni AVG dan Avast, kedua AV tersebut dapat didownload gratis pada situs mereka. Cukup ketikkan “free AVG” atau “free Avast” pada situs pencarian google dan anda pasti dengan mudah menemukannya. Anda bisa mendownload serta menginstall salah satu dari kedua AV tersebut secara gratis. Saat AV tersebut sudah terinstall anda tinggal melakukan scan pada komputer, hapus virus yang terdeteksi, restart komputer dan disarankan scan ulang sebanyak 2 atau 3 kali untuk memastikan bahwa tidak ada lagi virus yang bisa terdeteksi masih ada di komputer.

2. Saya mempunyai program AV yang terinstall, kemudian apa yang harus dilakukan?

Apakah program AV anda ter-update? Varian virus baru terus bermunculan setiap saat dan anda harus yakin bahwa AV anda sudah ter-update agar dapat mengenali virus-virus baru. Untuk melakukan update biasanya sebuah program AV akan otomatis memberitahu kita bahwa data yang ada perlu di-update dan anda tinggal mengikuti semua prosedur yang tampak di layar komputer. Apabila anda menginstall sebuah AV bawaan dari pembelian komputer anda atau mendapatkannya dari CD teman anda dan tidak memberi tahukan secara otomatis bahwa database AV perlu di-update, kemungkinan program AV tersebut adalah versi Trial yang biasanya hanya aktif selama 90 hari. Apabila anda mengalami kasus tersebut sehingga tidak bisa melakukan update maka saya sarankan untuk memakai cara pada langkah pertama di atas yaitu menginstall sebuah program AV versi gratisan.


Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment