4 langkah mudah Membasmi Adware


Membasmi Adware yang bersarang di komputer kita bisa sangat merepotkan kalau kita tidak memahami caranya. Walaupun kebanyakan adware tidak merusak data kita namun tetap saja akan mengganggu komputer misalnya dari sisi kecepatan komputer tentu saja menjadi berkurang dengan adanya adware. Berikut 4 langkah mudah yang dapat anda lakukan dalam upaya membasmi adware yang tidak kita inginkan tersebut.

1. Pertama, anda harus mengindentifikasi jenis adware yang bersarang di komputer anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan perangkat lunak (software) bernama HijackThis. Anda bisa mendownload program tersebut dari internet dan gunakan untuk melakukan scan terhadap komputer anda.

2. Selanjutnya gunakan daftar adware dari hasil scan dengan program HijackThis dan cari keterangan tentang adware tersebut melalui mesin pencari google untuk mengidentifikasi jenis adware dan cara menghapus adware tersebut. Hampur semua daftar yang dihasilkan oleh HijackThis adalah program-program komputer anda yang normal jadi jangan langsung dihapus begitu saja.

3. Saat anda menemukan sebuah program yang asing yang tidak seharusnya ada, itulah adware. Tulis lokasi adware tersebut menggunakan notepad kemudian restart komputer anda. Pada saat komputer mulai booting tekan tombol F8 untuk masuk ke menu pilihan booting dan pilih menu save mode untuk mencegah adware tadi aktif. Dari safe mode ini kemudian hapus adware tadi di lokasi yang telah anda catat sebelumnya.

4. Jalankan kembali program HijackThis dan gunakan untuk menghapus semua file yang berhubungan dengan adware yang baru saja anda hapus.
Apabila anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar maka seharusnya adware tersebut sekarang sudah tidak ada lagi di komputer anda.

Jika anda telah melakukan semua langkah tersebut dengan benar namun masih ada adware yang belum hilang dari komputer, sebaiknya lakukan pencarian kembali dengan google untuk langkah yang lebih spesifik karena ada beberapa adware yang memang didesain bandel alias tidak gampang untuk dimusnahkan.

Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment