Menjaga Komputer Tetap dalam kondisi Prima


Memperbaiki computer bisa menghabiskan sejumlah biaya yang lumayan banyak dan belum lagi pekerjaan kita yang terganggu selama computer tersebut diperbaiki. Sebenarnya kebanyakan masalah yang timbul dari sebuah computer dapat diminimalisir dengan perawatan yang tepat. Uraian kali ini akan coba memberikan beberapa tips agar computer kita senantiasa dalam kondisi prima. Berikut tips-tips berguna yang dapat anda gunakan :

Tip #1: Simpanlah dengan baik semua CD standard yang diberikan pada saat anda membeli computer. CD sangat diperlukan pada saat anda melakukan reinstall computer anda karena CD tersebut memuat semua driver yang diperlukan oleh computer, seperti Sound, VGA, LAN dan sebagainya. Apabila anda membeli sebuah komputer bekas maka usahakan menanyakan perihal CD tersebut kepada penjual dan apabila tidak ada maka anda bisa men-download pada situs produsen Motherboard (untuk Desktop) atau produsen laptop anda.

Tip #2: Backup semua data yang penting. Anda tidak pernah mengetahui kapan computer anda akan ngadat, jadi lakukan backup data secara periodic. Jangan sampai pada saat kita sangat membutuhkan data yang ada di computer dan saat itu kebetulan computer sedang ngadat, repot kan jadinya. Untuk melakukan backup data anda dapat menggunakan CD, atau harddisk external yang banyak di pasaran.

Tip #3: Gunakan selalu antivirus dan jangan lupa untuk selalu melakukan update minimal seminggu sekali untuk menangkal virus baru yang muncul.

Tip #4: Manfaatkan fitur security. Bila ada pengguna lain selain anda yang maka anda dapat mengaktifkan fungsi Guest account yang akan membatasi akses penggunaan pada computer anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada computer anda baik yang disengaja maupun tidak oleh pengguna lain. Apabila anda berada dalam sebuah jaringan lokal (LAN) maka lakukan share dengan keamanan yang maksimal, misalnya user lain hanya bisa membaca namun tidak bisa merubah dokumen yang ada dikomputer anda.

Tip #5: Meminta Bantuan. Apabila anda mempunyai pertanyaan tentang hal yang tidak anda ketahui bertanyalah pada orang lebih mempunyai pengetahuan atau anda bisa mencari informasi melalui mesin pencari Google.

Demikian tips sederhana yang bisa kita lakukan sendiri untuk menjaga computer kita selalu dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

sip ini min, makasih sudah berbagi ilmunya
https://www.bukalapak.com/u/mmionlinehp/label/power-supply

Post a Comment