Motherboard


Motherboard adalah salah satu komponen yang paling penting yang dibutuhkan oleh komputer untuk dapat berfungsi. Motherboard adalah pusat penghubung yang mengatur segala komponen dalam komputer. Komponen-komponen seperti VGA Card, Memory, Hard disk dan CPU ( central processing unit) membutuhkan mother board sebagai dasar untuk pengoperasian komponen-komponen tersebut.

Fitur Utama yang harus diperhatikan saat membeli sebuah motherboard adalah kecepatan bus (Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat) motherboard. Ada beberapa type bus antara lain adalah FSB (front side bus), back side bus, PCI bus, and memory bus. Pada mikroprosesor FSB menghubungkan prosesor dengan memori utama. FSB digunakan untuk mengkomunikasikan antara motherboard dengan komponen lainnya. FSB berkisar antara 66 MHz - 800 MHz, semakin tinggi tingkat FSB maka semakin cepat komputer mengatur komunikasi antar komponen. Perlu diketahui bahwa FSB ini tidak berkaitan dengan kecepatan komputer dalam melakukan proses, FSB hanya berfungsi mengatur kecepatan motherboard untuk melakukan komunikasi dengan semua komponen dalam komputer.

Slot memory adalah komponen lain yang cukup vital bagi sebuah motherboard. Semakin besar memory atau RAM (random-access memory) yang dimiliki oleh komputer maka semakin banyak data yang mampu diproses secara bersamaan. Oleh karena itu maotherboard biasanya memiliki dua atau tiga slot memory untuk keperluan upgrade nantinya. Yang juga harus diperhatikan adalah jenis memory yang didukung oleh motherboard tersebut seperti SDRAM atau DDR SDRAM. Bentuk fisik dari kedua memory tersebut berbeda sehingga kalau kita salah memilih type memory maka tidak akan bisa dimasukkan ke dalam slot memory.

Slot PCI (peripheral component interconnect) dan slot AGP (accelerated graphics port) adalah komponen lain dari sebuah motherboard. Slot PCI berfungsi untuk menghubungkan peripheral lain dalam motherboard seperti Sound card, network card dan modem. Slot AGP digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan VGA card yang memiliki kapasitas yang lebih besar untuk pengolahan gambar tampilan yang lebih optimal.

Sistem pendingin motherboards dan semua komponen pendukungnya juga penting bagi ketahanan sebuah komputer. Komponen pendingin seperti kipas atau sistem pendingin cair sangat diperlukan agar komputer tidak mengalami panas yang berlebih (overheat). Apabila komponen komputer mengalami overheat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen sehingga komponen tersebut harus diganti.

Memilih sebuah motherboard yang tepat adalah pertimbangan utama. Tanpa sebuah motherboard yang baik komputer tidak akan pernah mencapai kemampuan yang optimal atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment