Langkah Sederhana Mempercepat Komputer



Ikuti langkah-langkah berikut sederhana yang akan disampaikan di bawah dan hasilnya anda akan memiliki computer yang lebih cepat dan juga lebih handal dari sebelumnya.

Tip 1 :

Tekan start->run dan ketik msconfig kemudian Enter.
Pilih tab startup. Disana anda bisa melihat daftar program-program yang otomatis dijalankan pada saat computer mulai aktif. Program-program inilah yang kadang memperlambat proses booting computer. Pilihlah program yang benar-benar anda butuhkan pada saat computer dijalankan dan buang semua program yang tidak diperlukan pada saat start up misalnya MS-Office, Mesenger, Adobe dan sebagainya. Namun ingatlah jangan membuang program antivirus karena program tersebut dibutuhkan berjalan otomatis pada saat computer dijalankan.
Restart Komputer dan rasakan bahwa computer anda sekarang berjalan lebih cepat.

Tip 2:

Salah satu fitur dalam Microsoft Windows XP adalah kemampuan untuk melakukan defragment boot. Proses ini mengatur masing-masing boot secara berdampingan dan efek dari proses ini akan mempercepat booting komputer. Secara default fitur ini aktif, namun pada beberapa kasus fitur itu tidak aktif, jadi di bawah ini adalah informasi tentang bagaimana untuk mengaktifkannya:

Klik Start Menu pilih Run

Ketik regedit dan klik ok

Pilih "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOpt imizeFunction"

Pilih "Enable" dari daftar yang ada di sebelah kanan
Klik kanan dan pada pilih "Modify"

Rubah value menjadi Y .

Reboot computer.

Tip 3:

Menon-aktifkan Indexing Services

Indexing Services adalah sebuah program kecil yang menggunakan sejumlah besar kapasitas RAM dan kadang sering menimbulkan bunyi (noise) yang cukup keras. Sistem ini melakukan indeks dan melakukan update terhadap semua file yang ada dalam computer. Hal ini dilakukan oleh program tersebut agar saat anda melakukan suatu pencarian dalam computer maka akan dapat dilakukan dengan cepat melalui daftar indeks. Sistem ini dapat dikatakan tidak berguna walaupun anda selalu melakukan pencarian file dalam computer karena itu dapat di-non-aktifkan. Berikut langkah untuk melakukan hal tersebut:

1. Klik Start Menu

2. Klik Settings

3. Klik Control Panel

4. Klik ganda pada Add/Remove Programs

5. Klik Add/Remove Window Components

6. Hilangkan pilihan (Uncheck) Indexing services

7. Click Next

Langkah-langkah di atas adalah langkah yang ssangat sederhana namun membawa perbedaan yang cukup dapat kita rasakan dalam hal mendongkrak kecepatan computer kita. Mudah-mudahn bermanfaat.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

mantap jiwa min, thx
https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/lampu-service

Post a Comment