Intel Core 2 Duo vs Dual Core vs Pentium D


Apakah anda termasuk orang yang masih bingung dengan perbedaan antara Prosesor Intel Pentium D, Dual Core dan Core 2 Duo ? Kalau ya maka postingan ini mungkin akan membantu anda.

Hal pertama yang akan saya sampaikan bahwa Dual Core adalah adalah sebuah rancangan atau arsitektur prosesor (baik itu prosesor dari Intel maupun AMD), rancangan tersebut menggabungkan 2 prosesor ke dalam sebuah chip. Sedangkan Intel Core atau Intel Core2Duo adalah merk dari salah satu produsen prosesor terkenal yakni Intel Corporation. Banyak orang yang kadang-kadang masih bingung antara Core 2 Duo dan Dual Core atau Dual Core dan Core Duo. Kesimpulan dari semua yang disebutkan di atas bahwa semua itu prosesor jenis dual core.

Rancangan Dual Core

Pada masa sebelum Dual Core ditemukan para perancang prosesor menyadari bahwa dalam kondisi normal tidaklah mungkin untuk menambah kecepatan prosesor di atas level standar karena prosesor tersebut akan menjadi terlalu panas, dan dua produsen besar untuk prosesor (Intel dan AMD) sudah mencapai batas tertinggi kecepatan prosesor yang bisa dibuat. Panas adalah musuh utama bagi prosesor, prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi artinya lebih panas and itu berarti error atau sering disebut dengan istilah “BOOM”. Rasa putus asa akan kebutuhan prosesor yang mempunyai kecepatan yang lebih itulah yang akhirnya merubah teknologi dari single prosesor menjadi Dual Core. Jadi mereka beranggapan daripada menambah kecepatan sebauh prosesor yang berdampak bertambahnya panas dari prosesor tersebut lebih baik menanamkan dua buah prosesor pada sebuah Chip. Chip tersebut yang kemudian saat ini kita kenal dengan sebutan Dual Core. Pada saat sekarang ini jenis prosesor Quad Cores (4 prosesor) dan bahkan Dual Quad Cores (8 prosesor) sudah beredar di pasaran.
Dalam bahasa yang lebih sederhana contoh dari teknologi tersebut adalah sebagai berikut : Kita ibaratkan saja sebuah prosesor single core (Pentium 4) adalah sebuah jalan yang dilalui oleh kendaraan dengan kecepatan 100 km/jam, Dual Core adalah dua ruas jalan yang dilalui oleh kendaraan dengan kecepatan 100 km/jam dan Quad core adalah empat ruas jalan yang dilalui oleh kendaraan dengan kecepatan 100 km/jam. Semua ruas jalan (core) dilalui oleh kendaraan dengan kecepatan yang sama, namun prosesor yang memiliki ruas jalan terbanyak tentu saja akan mampu dilewati oleh lebih banyak lalu lintas kendaraan (informasi atau data).

Teknologi Dual Core adalah adalah dua buah microprosesor dalam sebuah chip atau gabungan dari 2 CPU yang dijadikan satu. Keuntungan yang diperoleh adalah kemampuan mengolah data secara paralel sehingga akan mempercepat waktu proses pengolahan data tersebut.

Sekarang mari kita bandingkan satu-persatu dari masing-masing prosesor keluaran dari Intel tersebut.

1. Intel Pentium D

Prosesor ini adalah model awal yang ditujukan untuk penggunaan pada komputer Desktop. Prosesor ini terdiri dari dua prosesor (core) yang masing-masing terletak berdampingan dalam sebuah modul multi chip.

Pentium D lebih lambat bila dibandingkan dengan dua saudara lainnya yakni Dual Core atau Core 2 Duo. Prosesor ini memerlukan konsumsi daya yang lebih tinggi dan oleh karenanya panas yang dihasilkan oleh prosesor ini juga cenderung lebih tinggi dan bahkan kurang dianjurkan untuk dilakukan modifikasi pada prosesor (over clock).

2. Intel Core Duo

Core adalah merk intel yang mengacu pada Intel’s 32-bit mobile dual-core x86 yang merupakan lanjutan dari prosesor Pentium M. Merk ini terdiri dari dua kategori yakni Duo (dual-core) dan Solo (Duo yang salah satu core dimatikan, menggantikan Pentium M yang merupakan single-core prosesor mobile). Core Duo adalah prosesor pertama dari Intel yang digunakan untuk laptop dual-core. Prosesor ini dipakai dengan desain baru baru yang menggunakan dua core dalam satu chip.

Core Duo pada saat dilakukan uji coba mampu memecahkan rekor sebuah prosesor yang hemat energi dengan kecepatan yang meningkat.

3. Intel Core 2 Duo

Core 2 mencakup rangkaian merk dari Intel consumer 64-bit x86-64 Single, Dual dan Quad Core yang berbasis pada Intel Core micro architecture. Model Single dan Dual Core adalah dua prosesor yang tergabung dalam satu chip, sedangkan model Quad Core terdiri dari dua chip, yang masing-masing terdiri dari dua prosesor.

Prosesor jenis Core 2 Duo adalah prosesor yang paling populer saat ini. Prosesor in memiliki chip yang lebih bagus, performansi terbaik, konsumsi daya yang paling kecil dibandingkan dengan prosesor intel lainnya. Tidak pernah ada masalah pada panas yang dihasilkan oleh prosesor jenis ini.

4. Intel Dual Core

Pentium Dual Core, adalah pilihan tepat bagi overclocker dengan anggaran yang relatif lebih rendah, berbasis rancangan Core 2. Prosesor jenis ini adalah sama dengan prosesor pada Core 2 Duo, tetapi dengan memory cache hanya sebesar 1 MB bukan 2 MB atau bahkan 4 MB. Selain itu, beberapa fitur seperti Intel Virtualization Technology (VT) di-nonaktifkan. Hasilnya adalah prosesor Core 2 Duo yang dipangkas, dengan ukuran kecepatan cache yang kecil dan terbatas pada 1,6 - 2,0 GHz dan untuk kecepatan FSB mencapai 800.

Intel Pentium Dual Core berbasis dari salah satu generasi 32-bit Yonah (T2060, T2080, and T2130 untuk notebooks dengan 1mb L2 cache) atau 64-bit Allendale (E2140, E2160 and E2180 untuk desktops dengan 1mb L2 cache)

Later on Aug 2008, the 45nm E5200 Wolfdale Launched for mobile or desktop computers with larger 2mb L2 cache and 2.5 Ghz clock speed. This model is highly suggested in terms of over clocking. The best over clocker in such cheap price, with some enthusiasts reaching over 6GHz clock speed using Liquid Nitrogen cooling.

Pada bulan Agustus 2008, diluncurkan 45nm Wolfdale E5200 untuk komputer laptop atau desktop dengan memory cache yang lebih besar yakni 2MB L2 dan kecepatan prosesor 2,5 Ghz. Model ini sangat disarankan apabila hendak dilakukan overclocking.

Prosesor Intel Dual Core processors adalah versi Core 2 Duo yang dipangkas, lebih murah dengan ukuran memory cache lebih kecil namun demikian masih sangat memadai untuk penggunaan umum. Dalam hal performansi kurang lebih sama dengan jenis prosesor Core 2 Duo. Intel meluncurkan jenis prosesor ini dengan biaya rendah untuk kalangan menengah ke bawah. Prosesor Intel Pentium Dual Core mengkonsumsi daya yang lebih kecil (65W) dibandingkan dengan Pentium D (130W). Walupun mempunyai memory cache yang lebih kecil, prosesor ini dalam sebuah test telah terbukti jauh lebih cepat dibandingkan dengan Pentium D.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

3 comments:

Anonymous said...

gan. ane punya intel pentium dual cpu e2180.. kira kira bisa nggak ya dipake buat windows 7 yang 64 bit? thanks

Anonymous said...

Berikut adalah daftar system minimum
• 1 GHz processor (32- or 64-bit)
• 1 GB of RAM (32-bit); 2 GB of RAM (64-bit)
• 16 GB of available disk space (32-bit); 20 GB of available disk space (64-bit)
• DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 or higher driver

Imam Maulana said...

Gan ane mau tanyaa..ane punya intel D buat ps 2/3 bisa gk.ram ane 1gb .makasih

Post a Comment