Tiga tips sederhana merawat komputer


Merawat komputer anda adalah salah satu tugas penting yang harus dijalankan bila anda ingin komputer anda tetap sehat dan bebas dari error atau penyakit lainnya. Komputer yang dalam kondisi fit selalu memberikan hasil yang optimal terhadap pekerjaan yang anda lakukan dengannya. Berikut tiga tips sederhana yang dapat anda lakukan sendiri untuk merawat komputer anda agar komputer senantiasa dalam kondisi sehat.

Membersihkan komputer

Bersihkan komputer pada bagian luar dan dalam. Kotoran dan debu yang menempel pada komponen dapat menyebabkan komponen tersebut mengalami overheat. Debu juga dapat menghambat kipas pendingin yang ada dalam casing komputer yang mengakibatkan terhambatnya aliran udara sehingga komputer akan cepat panas.

Saat anda membersihkan bagian luar komputer jangan lupa untuk membersihkan pula bagian dalam. Caranya adalah buka casing komputer dan gunakan kuas untuk mengusap debu yang anda di dalam atau anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu yang ada di dalamnya.

Mengorganisir Hard Disk Drive

Anda dapat meningkatkan kecepatan komputer dengan melakukan perwatan data pada hard disk dan secara rutin melakukan pengecekan terhaap hard disk dari kemungkinan adanya error. Hapus data-data atau file yang tidak anda perlukan. Anda bisa melakukan proses tersebut menggunakan fasilitas disk cleanup dari Windows dan juga secara berkala lakukan defragment terhadap hard disk paling tidak sekali dalam satu bulan.

Back Up Data

Melakukan backup data adalah bagian integral dari merawat komputer. Hal ini sangat penting bagi komputer sebuah perusahaan atau komputer pribadi yang sering dipakai melakukan pekerjaan di rumah. Pada saat komputer anda mengalami gangguan dengan adanya backup data maka anda masih bisa menggunakan file-file yang penting yang telah anda backup tadi. Anda bisa melakukannya ke dalam berbagai media yang saat ini telah begitu banyak jenisnya antara lain hard disk eksternal, CD atau DVD dan USB Flash Disk.

Selamat mencoba dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi anda



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment