Upgrade komputer


Apabila anda merasa komputer desktop yang anda miliki terasa tua serta ketinggalan teknologi maka jangan langsung dibuang dan diganti dengan yang baru. Anda masih bisa menggunakan beberapa komponen yang ada di dalamnya dengan melakukan upgrade agar komputer tersebut menjadi kembali up to date. Gantilah hardware usang dengan hardware terbaru.

Berikut panduan yang dapat digunakan untuk melakukan upgrade komputer :

* RAM

Menambah kapasitas Memory (RAM) sangat baik untuk meningkatkan kecepatan komputer dan mencegah agar komputer tidak mudah hang. Kapasitas minimum yang disarankan adalah sebesar 512 MB. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena harganya yang relatif tidak terlalu mahal. Hal yang perlu diingat saat menambah kapasitas RAM adalah jenis yang sama yang didukung oleh motherboard

* Extra Hard Disk Drives

Apabila anda ingin meningkakan kapasitas penyimpanan ruang hard disk maka hard disk lama tidak perlu dibuang, anda dapat menambahkan hard disk lagi. Meningkatkan kapasitas hard disk juga dapat meningkatkan kecepatan pada komputer karena dengan bertambahnya kapasitas penyimpanan maka anda bisa membuat partisi yang terpisah antara file sistem operasi dan file data.

* CD/DVD drive

Apakah anda masih menggunakan floppy drive pada komputer anda? Sekarang saatnya anda menggantinya dengan sebuah CD/DVD drive karena floppy drive saat ini sudah jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah lagi digunakan. Anda bisa melakukan backup data dan juga mendengarkanmusik atau menonton film dengan CD/DVD drive.

* VGA (Graphics Card)

Untuk komputer game yang ingin mencoba game terbaru yang modern memerlukan kualitas graphic yang lebih powerful dan karenanya upgrade komponen ini menjadi suatu keharusan.

* Monitor

Harga monitor yang cenderung semakin menurun bisa menguntungkan anda yang ingin mengganti monitor. Disarankan untuk mengganti monitor dengan jenis LCD yang lebih kecil konsumsi daya yang dibutuhkan dibandingkan dengan jenis CRT. Selain konsumsi daya listrik yang kecil LCD juga lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat seperti monitor CRT. Ukuran yang dianjurkan adalah 19-inch karena dibawah ukuran itu anda akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan tampilan sebuah aplikasi dengan optimal.

* Mouse

Ganti mouse lama anda dengan mouse yang memberikan kecepatan serta respon yang lebih baik. Untuk mouse yang digunakan oleh komputer game memiliki kecepatan lebih dari 800 dpi, sementara untuk penggunaan biasa cukup 400 dpi.

Sebelum anda pergi membeli perangkat baru untuk upgrade komputer anda, pastikan terlebih dahulu bahwa anda memang membutuhkan upgrade tersebut. Belilah komponen yang benar-benar berguna untuk menunjang pemakaian komputer anda dan pilihlah komponen yang didukung oleh garansi oleh setiap produsen.

Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Anonymous said...

DUNIA KOMPUTER...emang oke. isi artikel bisa nambah ilmu dan pencerahan buat para pembacanya. nice info pokoknya. :)

Post a Comment