Tutorial Dasar Reparasi komputer



Permasalahan pada komputer bisa membuat kita frustasi, khususnya bila anda tidakmampu mengatasi permasalahan tersebut. Bila komputer yang bermasalah tersebut masih dalam masa garansi, maka dianjurkan untuk menggunakan garansi tersebut. If komputer anda sudah tidak lagi dalam masa garansi, maka anda harus mengeluarkan dana untuk mereparasi komputer tersebut, namun ada beberapa langkah dasar perbaikan komputer yang dapat anda lakukan sebelum membawa komputer tersebut untuk direparasi.

Driver

• Driver adalah sebuah software yang kita muat ke dalam kmputer yang memungkinkan komputer untuk mengenali hardware agar dapat berfungsi denganbaik. Sebuah driver diperlukan untuk semua perangkat tambahan yang terhubung dengan komputer. Bila anda menghubungkan sebuah perangkat tambahan kepada komputer dan komputer tidak mengenali perangkat tersebut, maka anda harus menginstall driver perangkat tersebut yang biasanya disertakan pada kemasan pada saat pembelian sebuah perangkat baru. Anda tinggal memasukkan CD yang disertakan dan mengikuti petunjuk yang tertera dalam layar monitor. Namun bila anda membeli perangkat tersebut tidak dalamkondisi baru anda dapat mencari driver untuk perangkat tersebut di internet.

Kadang-kadang printer atau perangkat eksternal lain yang berfungsi baik selama bertahun-tahun tiba-tiba ngadat. Dalam banyak kasus hal ini dapat disebabkan karena driver yang ada perlu dilakukan update, atau driver yang sudah terpasang mengalami konflik dengan driver atau program lain sehingga perlu diinstall ulang.

Virus

• Banyak permasalahan software yang timbul adalah sebagai akibat virus dari situs internet atau dari attachment yang terdapat dalam email anda. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memiliki software anti-virus yang selalu dalam kondisi terupdate. Bila anda menjumpai sebuah virus yang terdeteksi oleh anti-virus namun tidak dapat ditangani oelh anti-virus tersebut maka catatlah nama virus tersebut dan cari informasi mengenai virus itu di internet. Kadang-kadang terdapat cara yang cepat dan efisien untuk menangani virus baru yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam beberapa kasus anda perlu melakukan install ulang Operating System untuk menghapus virus. Bila hal ini terjadi, maka sebelum anda melakukan install ulang pastikan anda telah membuat backup untuk semua file anda.

Overheating

• Kadang-kandang komputer akan mengalami overheating yang menyebabkan tidak berfungsinya system. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa apakah permasalahan yang timbul disebabakan oleh overheating. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah komputer sudah mendapatkan sirkulasi udara yang mencukupi. Bersihkan debu dari lubang ventilasi udara yang terdapat pada bagian depan dan belakang casing, pastikan komputer ditempatkan pada tempat dimana udara dapat bersirkulasi membuang panas yang dihasilkan oleh power supply. Periksa kipas pendingin apakah ada kerusakan atau putarannya terlihat lebih berat dari biasanya. Bila kipas ini tidak berfungsi dengan baik maka segera gantilah kipas pendingin dengan yang baru.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment