Pompa dan Radiator Pendingin air



Pompa pada sistem pendingin air pada PC biasanya adalahs sebuah pompa centrifugal, seperti halnya dalam sistem pendingin air untuk mobil. Beberapa jenis pompa ini adalah pompa submersible, dan dapat diletakkan langsung ke dalam tangki penampung cairan pendingin. Jenis pompa yang lain adalah yang diletakkan di luar tangki cairan pendingin. Bila anda berencana menggunakan jenis pompa submersible, pastikan bagian luar pompa tersebut tidak menghasilkan panas yang malah akan memanaskan seluruh cairan pendingin dalam tangki.

Komponen pompa ini adalah komponen terpenting dalam sistem pendingin air. Kemampuan komponen ini dalam memompa cairan menentukan seberapa cepat cairan pendingin mengalir melalui saluran dan blok air. Jika air mengalir terlalu cepat, maka air tidak akan sempat menyerap panas. Jika air yang mengalir terlalu lambat maka akan terlalu banyak panas yang terjadi di sekitar komponen yang sensitif terhadap panas.

Pompa tersebut juga harus memiliki kekuatan yang cukup untuk memompa air dari bagian terbawah hingga bagian teratas dalam sistem pendingin air. Hal ini dikenal dengan istilah head pressure atau vertical pressure, dan ini sangat penting khususnya bila diaplikasikan pada komputer server yang memiliki casing yang tinggi.

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana seluruh komponen tersebut terhubung membentuk sebuah sistem pendingin air dalam artikel berikutnya.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Unknown said...

ini beli dimana ya, mas?
kirim ke montreano@gmail.com ya, mas ! saya sulit cari di google.com.
tks.

Post a Comment