Komponen Pendingin air



Sistem pendingin air pada komputer hampir sama dengan sistem pendingin air pada sebuah mobil. Pendingin mengalir melalui saluran dalam blok mesin mobil dan mencakup seluruh komponen sistem pendinginan :

• Sebuah pompa yang menggerakkan air ke seluruh sistem
• Radiator yang membuang panas ke udara
• Kipas yang memindahkan udara melalui radiator
• Tangki yang menampung cairan pendingin yang dapat ditambah isinya
• Pipa yang menghubungkan komponen dalam sistem

Banyak komponen elektronik yang tidak dapat bersentuhan langsung dengan benda cair. Jadi daripada memompa air langsung melalui saluran ke dalam microchip seperti dalam mobil, sistem pendingin air pada PC digunakan water blocks atau blok yang berisi air. Blok cairan tersebut berupa sepotong logam penghantar panas, seperti tembaga atau alumunium yang berisi tabung dan saluran. Bagian bawahnya adalah sebuah logam dengan permukaan rata yang berada tepat diatas chip yang didinginkan. Antara blok cairan dan chip ditambahkan Thermal paste untuk meningkatkan penghantaran panas dari chip kepada blok cairan. Microchip membuang panas melalui blok tersebut selanjutnya air akan membuang panas saat mengalir melalui seluruh saluran.

Banyak jenis blok cairan untuk central processing unit (CPU) yang tersedia secara universal yang artinya dapat digunakan untuk semua jenis CPU, namun untuk jenis blok cairan pada graphics processing unit (GPU) hanya dibuat untuk type kartu grafis tertentu. Tersedia juga blok pendingin cair yang didesain untuk mendunginkan chipset yang memiliki temperatur tinggi yang lain, seperti northbridge, yang menghubungkan CPU dengan memory. Biasanya blok pendingin air ini dilengkapi dengan baut dan dudukan saat dipasangkan kepada PCB seperti halnya motherboard atau video card.

Komponen lain dalam sistem pendingin air PC adalah seperti halnya yang terdapat dalam sistem pendingin air pada mobil. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang pompa cairan pendingin.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment