Cairan Pendingin pada pendingin air



Komponen akhir dari sistem pendingin air adalah cairan pendingin itu sendiri. Banyak orang yang menggunakan air suling sebagai media pendingin karena air yang diambil langsung dari kran mengandung banyak unsur kimia yang dapat menyumbat saluran pada blok air dan radiator. Additif khusus dapat ditambahkan untuk memberi warna pada cairan pendingin yang akan membuat tampak lebih menarik pada casing transparan. Zat additif tersebut juga mampu menurunkan titik beku air atau tegangan permukaan air. Additif tersebut juga memiliki kandungan anti mikroba atau anti karat yang akan membuat sistem pendingin air lebih awet.

Bila anda memutuskan untuk menginstall sistem pendingin air pada PC anda, disarankan untuk mencoba pompa terlebih dahulu mendistribusikan air air beberapa saat untuk memeriksa adanya kebocoran. Pada waktu mencoba pompa ini komputer harus dimatikan agar tidak merusak komputer bila terjadi kebocoran.

Bila anda sudah yakin tidak terjadi kebocoran dari pipa-pipa distribusi air, anda bisa menyalakan komputer. Anda bisa memeriksa temperatur komponen melalui menu BIOS atau software pihak ketiga yang lain yang dapat memonitor temperatur komponen PC.
Bila anda ingin memasang sistem tersebut namun tidak ingin membeli secara terpisah, anda bisa membeli satu paket lengkap yang langsung dapat dipasang pada slot tambahan motherboard atau menggunakan power dari power supply PC.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

Anonymous said...

Bagaimana kalau dengan cairan Pentana?

Post a Comment