Ampuhkah Antivirus Gratis?



Banyak orang yang bertanya mana yang lebih baik download antivirus gratis yang banyak tersedia di internet ataukah membeli antivirus. Kebanyakan orang akan lebih memilih mendownload antivirus gratis dari internet dengan alasan anggaran dan juga kenyamanan. Ada sedikit perbedaan antara antivirus gratis dengan yang berbayar. Antivirus gratis memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi yang berbayar, serta ada beberapa antivirus gratis yang hanya bisa mendeteksi keberadaan suatu virus tanpa dapat berbuat apapun sampai anda membelinya.

Jika komputer anda tidak dilindungi oleh antivirus, maka akan banyak sekali terdapat ancaman yang bisa menimpa komputer. Antara lain adalah isi Hard drive dapat terhapus, hilang atau rusaknya file atau yang terburuk ada orang lain yang bisa memiliki akses terhadap komputer dan mencuri data-data pribadi anda. Dengan antivirus versi gratis sekalipun maka anda bisa menghindari hal itu semua.

Anda bisa melakukan googling untuk mencari antivirus gratis dan anda akan denganmudah menemukan antivirus gratis yang tersedia banyak sekali di internet. Dengan cara melakukan download dari internet juga memudahkan kita dalam menginstall antivirus tersebut karena anda tidak memerlukan CD atau hardware lain yang harus dihubungkan dengan komputer. Yang harus anda lakukan hanyalah download dari internet, install dan melakukan setting sesuai dengan keinginan anda. Kebanyakan antivirus akan berjalan pada latar belakang dan menggunakan sedikit resource sehingga tidak akan menggangu atau membuat komputer menjadi lambat.

Kembali kepada pertanyaan awal apakah antivirus gratis bisa memberikan cukup perlindungan kepada kita dari ancaman virus yang ada? Maka jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya, antivirus versi yang gratis juga akan memberikan perlindungan kepada komputer. Walaupun tidak memiliki fitur lengkap seperti versi berbayar, namun akan melindungi komputer dari kebanyakan malicious software yang ada. Antivirus tersebut akan melakukan scan terhadap komputer dan akan melakukan pembersihan apabila dideteksi adanya file yang terinfeksi, apakah dikarantina atau dihapus sesuai dengan pilihan anda waktu melakukan setting awal. Antivirus ini tidak akan menghapus file apapun tanpa konfirmasi anda, jadi jangan kuatir file penting anda akan ikut terhapus.

Ada banyak sekali antivirus gratis yang tersedia untuk di-download. Tiga antivirus yang paling banyak digunakan adalah Avast, Avira-AntiVir, dan AVG. Anda dapat mendownloadnya dari situs resmi mereka, dan ketiga antivirus tersebut telah direkomendasikan oleh pakar komputer. Untuk dapat menemukan antivirus yang paling tepat dengan keinginan anda, ada baiknya anda mencobanya satu persatu.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment