Penyebab Laptop Overheating



Penggunaan komputer jenis laptop telah semakin populer dewasa ini. Laptop telah digunakan bukan saja oleh para pelaku bisnis namun banyak juga kalangan pelajar yang menggunakannya. Salah satu penyakit yang sering timbul karena salahnya pemakaian adalah timbulnya panas yang berlebih atau disebut overheating. Tapi tahukah anda hal apa saja yang menjadi penyebab overheating tersebut? Tulisan kali ini akan saya coba untuk menguraikan hal yang biasanya menyebabkan maslah tersebut.

1. Overheating disebabkan oleh fisik laptop. Sebuah laptop dirancang dengan cermat oleh produsen agar sedapat mungkin mencegah agar tidak sampai mengalami overheating. Namun kadang karena pemakaian yang salah dari pengguna itu sendiri yang menyebabkan kerusakan tersebut timbul. Karena sifatnya yang sangat portabel maka pengguna laptop sering menggunakannya pada tempat-tempat yang memiliki permukaan yang kurang mendukung seperti di tempat tidur. Laptop membutuhkan sirkulasi udara untuk mencegah timbulnya overheating, oleh karena itu seharusnya dioperasikan di permukaan yang rata dan keras agar ada celah antara laptop dan permukaan untuk mengalirnya udara. Hal kedua adalah menumpuknya debu pada kipas pendingin sehingga komponen tersebut tidak mampu bekerja secara optimal. Oleh karena itu pemakaian yang benar serta pembersihan kipas pendingin dari debu yang menempel secara periodik akan sangat membantu menghindari masalah overheating.

2. Overheating yang disebabkan oleh Software. Setiap sistem laptop dilengkapi dengan software untuk mengatur kipas pendingin. Biasanya menjadi satu paket dengan BIOS. Permasalahan ini biasanya dapat diatasi dengan melakukan upgrade BIOS. Masalah overheating juga dapat timbul setelah kita melakukan upgrade terhadap operating system (OS). Kebanyakan sofware ini ditujukan untuk berjalan baik pada sebuah OS.

3. Overheating yang disebabkan oleh desain laptop. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membaca komentar orang-orang yang telah menggunakan laptop dengan merk tertentu sebelum kita memutuskan untuk membeli laptop. Hal-hal tersebut perlu dilakukan karena dari komentar pengguna itulah kita dapat mengetahui performa dari laptop tersebut.





Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment