Mengapa Hard disk perlu Defrag?



Defragging adalah proses yang dilakukan pada sebuah hard disk untuk meningkatkan kinerja dan memulihkan ruang hard disk yang hilang. Defragging adalah bagian penting dari perawatan PC seperti menyimpan semua data pada hard disk di urutan yang mudah dibaca. Jika hard disk dibiarkan tanpa defragging, kemudian seiring waktu hard disk akan mulai kehilangan performa dan juga perlahan-lahan akan mengurangi kapasitas yang tersedia untuk menyimpan data.

Ketika kita melakukan defrag pada hard disk maka hard disk tersebut akan menyusun ulang urutan data yang tersimpan. Komputer akan akan mengatur semua data yang tersimpan sehingga data yang sama dan pada saat dibaca harus dibaca bersama-sama akan benar-benar diletakkan di tempat yang sama pada drive. Pertanyaan yang timbul adalah mengapa komputer tidak menyimpan data dalam cara yang benar pada saat menyikpan sehingga dengan demikian tidak perlu diatur lagi? Dalam situasi yang ideal (seperti disk kosong) komputer akan melakukan hal ini. Namun dengan jumlah data yang dihapus serta disimpan setiap detik maka susunan data tersebut menjadi kacau.

Mari kita lihat sebuah contoh. Katakanlah anda menyimpan 3 file ke hard disk dengan kapasitas masing-masing sebesar 10Mb, maka seluruh data tersebut akan disimpan dalam satu baris dengan jarak 10 Mb. Hal itu merupakan cara komputer menyimpan data untuk kinerja maksimum agar data tersebut gampang dicari pada saat diperlukan. Tapi sekarang katakanlah anda memutuskan untuk menghapus file yang berukuran 10 Mb yang terletak di tengah, maka sekarang ada jarak antara file satu dengan yang lain sebesar 10 Mb. Kemudian anda menyimpan data lagi sebesar 15 Mb. Data tersebut akan diselipkan pada ruang kosong sebesar 10 Mb tadi dan yang 5 Mb akan disimpan diujung barisan data. Jadi sekarang dapat kita bayangkan dengan puluhan atau ratusan file yang disimpan atau dihapus dari Hard disk setiap hari (belum termasuk data temporary) maka tidak mengherankan bila dalam satu bulan susunan data pada hard disk akan menjadi sangat kacau. Maka diperlukan proses defrag agar seluruh file tersebut ditata ulang penempatannya oleh komputer.

Ketika sebuah file atau kelompok file disimpan secara berdampingan maka akan mudah bagi komputer untuk menemukan data dan head hard disk tidak perlu mencari ke beberapa bagian disk pada saat mengambil data yang diperlukan. Hal ini tentu saja mempercepat kinerja disk sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Langkah untuk melakukan proses defrag pada windows ini adalah sebagai berikut :

1. Klik Start --> All Program --> Accessories --> System Tools --> Disk Defragmenter
2. Kemudian pilih drive yang akan didefrag
3. Pilih Analyze kemudian windows akan memberitahukan apakah drive tersebut perlu dilakukan defrag atau tidak.






Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment