Membersihkan Hard Disk Drive



Pemeliharaan yang tepat pada hard disk drive dapat membantu menjaga komputer berjalan cepat dan lancar. Sama seperti dalam sebuah kamar yang berantakan menyulitkan kita saat ingin mencari sesuatu, begitu pula hard disk yang kacau membuat sulit bagi komputer untuk menemukan file. Berikut adalah tiga langkah yang dapat anda ambil untuk membersihkan hard disk drive.

Hapus File yang tidak perlu

Jagalah agar hard disk anda tetap terorganisir dengan baik dan mudah dinavigasi dengan menghapus file secara manual dan membuang program yang Anda tidak lagi diperlukan. Hal ini juga membebaskan ruang hard drive yang berharga yang dapat digunakan untuk menyimpan file penting di masa depan.

Menggunakan Disk Cleanup Utility

Cara yang cepat dan mudah untuk membersihkan hard disk adalah dengan menggunakan Microsoft Windows disk cleanup. Anda dapat mengkonfigurasi agar disk cleanup menghapus file-file temporary, mengosongkan recycle bin, dan meng-kompres file lama. Utilitas ini juga memberi anda pilihan untuk meng-uninstall program yang tidak terpakai dan komponen Windows, dan menghapus point sistem restore kecuali yang paling terbaru.

Menggunakan Disk Defragmenter

Cara lain untuk menjaga harddisk anda tetap rapi dan teratur adalah dengan menjalankan utilitas Windows Disk Defragmenter. Seiring waktu, kita menghapus dan menginstal file dalam komputer, beberapa file besar tidak akan disimpan sebagai satu unit lengkap. Sebaliknya, mereka akan dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan disimpan di antara file lainnya. File yang terpecah semacam ini menyulitkan komputer untuk menemukannya.

Disk Defragmenter file mengurangi fragmentasi dengan menyortir file sejenis dan menempatkan mereka lebih dekat satu sama lain. Bila Anda menjalankan Disk Defragmenter, utilitas ini akan menilai harddisk anda dan memberitahu apakah perlu disk defragmented atau tidak.

Bahkan jika komputer Anda berjalan dengan lancar sekarang, melakukan pemeliharaan hard drive dengan tepat dapat menghindari masalah-masalah yang mungkin akan timbul dan menjaga komputer anda dalam kondisi terbaik.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment