Tutorial Dasar Komputer - Seri 1


Perangkat Input dan Output

Perangkat Input

Input device atau perangkat input ini adalah sebuah alat untuk memasukkan data ke dalam system komputer. Yang termasuk dalam alat ini adalah Mouse dan Keyboard.
Keyboards:

Pada gambar di bawah anda dapat melihat Papan ketik (Keyboard) standard yang terdiri dari 104 tombol.



Dua gambar selanjutnya adalah Multimedia Keyboard. Keyboard tersebut dirancang untuk memungkinkan akses cepat ke berbagai pilihan melalui tombol khusus. Keyboard di bawah ini adalah keyboard dengan tampilan standar yang dapat kita lihat pada kebanyakan keyboard. Keyboard multimedia yang kedua memiliki tampilan yang lebih 'alami'. Untuk banyak orang, tampilan itu jauh lebih nyaman. Pada awalnya mungkin terlihat aneh, tetapi tidak memerlukan waktu lama bagi kita untuk menyesuaikan dengan tampilan tersebut.





Mouse
Gambar Berikut adalah sebuah contoh Mouse.
Seperti yang dapat Anda lihat mouse tersebut “seperti” memiliki 2 tombol dan sebuah roda gulir yang terletak di tengah. Tombol sebelah kiri digunakan untuk memilih berbagai objek di layar, dan tombol kanan akan menampilkan kotak dialog yang memungkinkan Anda untuk memilih beberapa pilihan / fungsi lain. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, mouse ini “seperti” memiliki 2 tombol padahal Mouse tersebut memiliki tombol ketiga yang terletak di bawah roda gulir. Jika Anda menekan roda gulir ke bawah, mouse tersebut akan menampilan fungsi tombol ketiga. Biasanya ada beberapa fungsi yang dipilih untuk tombol tersebut. Saya menyetel tombol tersebut untuk fungsi klik ganda (double click). “Roda” yang terdapat pada mouse biasanya untuk menggulir (scroll) ke bawah halaman namun fungsinya dapat berubah tergantung pada aplikasi (program) Anda jalankan. Misalnya, jika Anda sedang menonton video, roda tersebut bias berfungsi sebagai pengatur volume (karena tidak perlu menggulir halaman dalam video).



Catatan : Mouse di atas terlihat memiliki colokan yang lebih besar dari biasanya, sebenarnya itu adalah USB yang terpasang pada adaptor USB-PS/2. Jika anda ingin menggunakan port USB sebagai sarana koneksi anda tinggal melepaskan adaptor tersebut dan langsung menghubungkannya ke port USB. Untuk berbagai macam port akan coba saya jelaskan pada seri tutorial berikutnya.

Pada gambar berikutnya, Anda dapat melihat bagian bawah dua mouse. Yang satu di sebelah kiri adalah mouse model lama yang menggunakan bola logam yang dilapisi karet untuk mengirimkan gerakan ke sirkuit elektronik di dalam mouse. Mouse di sebelah kanan adalah model baru yang disebut mouse 'optik'. Untuk merasakan gerakan, mouse optik menggunakan sensor. Saat mouse digerakkan, optik sensor dapat 'melihat' dan memindahkan kursor (di layar) sesuai sesuai dengan gerakan mouse. Sistem optik umumnya lebih baik (tidak perlu dibersihkan secara berkala seperti pada mouse yang menggunakan bola). Ada jenis mouse optic yang tidak menggunakan kabel (wireless) yang menggunakan batterey sebagai sumber dayanya dan jenis tersebut membutuhkan daya yang besar sehingga membuat batterey cepat habis. Jika Anda tidak membutuhkan mouse wireless, maka sebuah mouse optik sudah sangat memadai dengan berbagi ukuran yang saat ini tersedia di pasaran.



Catatan: Jika bagian atas meja Anda adalah permukaan yang sangat licin atau ditutupi dengan potongan kaca tebal, sebuah mouse optical tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali mouse tersebut memang dirancang untuk jenis permukaan tersebut. Untuk menggunakan mouse optik pada jenis permukaan seperti itu , anda perlu menggunakan tatakan mouse yang lebih kita kenal dengan sebutan mousepad.

Perangkat Output

Pengertian sederhananya ialah perangkat ini menampilkan data yang sedang diproses oleh Komputer. Pada umumnya perangkat ini berupa sebuah monitor. Pada jenis Komputer jaman dahulu printer dan plotter merupakan satu-satunya jenis perangkat output


Fungsi Dasar Keyboard
Gambar berikut adalah fungsi tombol dasar. Kebanyakan dari kita sudah memahami fungsi tersebut, namun mungkin ada beberapa diantara kita yang belum memahaminya jadi akan saya coba untuk jelaskan di bawah ini :

• Tombol CTRL

The 'control' key provides extended operations to several of the keys. In the following image, you can see many of the most common functions. To activate the function, you press and hold the control key and hit the appropriate button. For example, if you want to copy something, you would press and hold the control key and hit the 'c' on the keyboard (then release both buttons). Tombol CTRL (control) digunakan bersama beberapa tombol. Pada gambar berikut, Anda dapat melihat fungsi tombol yang paling umum. Untuk mengaktifkan fungsi tersebut, tekan tombol kontrol bersamaan dengan tombol yang sesuai. Misalnya, jika Anda ingin menyalin sesuatu, Anda akan tekan kontrol dan tekan tombol 'c' pada keyboard (kemudian lepaskan kedua tombol).



• F1:
Tombol in secara umum digunakan sebagai tombol bantuan (Help). Dengan menekan tombol in akan menampilkan kotak dialog bantuan untuk program yang sedang anda jalankan.

• Shift:
Tombol Shift akan merubah tombol apapun menjadi huruf besar. Tombol ini juga mengaktifkan karakter yang tercetak di atas setiap tombol.

• Caps Lock:
Tombol Caps Lock menjadikan huruf besar. Cukup tekan tombol ini sekali maka apapun yang anda ketikkan berubah menjadi huruf besar.

• Delete:
Saat tombol ini ditekan maka akan menghapus karakter yang berada di sebelah kanan kursor.

• Backspace:
Tombol ini berfungsi sama dengan delete namun tombol ini menghapus karakter yang berada di sebelah kiri kursor.

• Scroll Lock:
Tombol ini tidak banyak lagi digunakan dan hanya bekerja di beberapa program. Satu-satunya program yang masih menggunakan tombol tersebut sekarang adalah Microsoft Excel. Dalam Excel, jika gulir fungsi tersebut aktif, tombol panah dapat digunakan untuk menggulir halaman tanpa mengganti atau menorot sel.

• Number Lock:
Saat tombol in aktif , akan mengaktifkan fungsi angka pada deretan tombol paling kanan. Apabila tombol in tidak diaktifkan maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai tombol yang sesuai dengan fungsi aslinya. Saat tombol ini aktif maka lampu indicator pada keyboard akan menyala dan begitu pula sebaliknya.

• Start:
Pada keyboard keluaran baru anda akan mempunyai sebuah tombol 'Windows'. Tombol tersebut membuka Start Menu pada Sistem Operasi Windows.

• Alt:
Tombol Alt berfungsi mirip dengan tombol CTRL yang difungsikan bersamaan dengan tombol yang lain. Sebagai contoh, Tombol 'PrtScn' menyalin apa yang tampak di layar ke dalam clipboard (untuk digunakan nanti saat diperlukan). Jika kita menggunakan tombol Alt-PrtScn, kita hanya akan menyalin tampilan windows yang aktif seperti gambar-gambar yang saya gunakan untuk menyusun tutorial ini.

• Page Up/Page Down:
Tombol digunakan untuk menggulung satu layer penuh ke atas atau ke bawah.

• Home/End:
Tombol ini akan membawa kursor ke posisi awal atau akhir sebuah baris teks dimana kursor berada.

Catatan: Keyboard yang ditunjukkan di atas memiliki fungsi yang tidak terdapat pada keyboard standard. Tombol 'F' pada kebanyakan keyboard tidak dapat digunakan sebagai fungsi khusus seperti 'Undo' dan 'Redo'.

Bersambung.............

Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment