Perbedaan antara Virus dan Worm


Teknologi komputer terus berkembang secara berkesinambungan dan pada satu sisi perkembangan tersebut mengarah kepada perkembangan yang sifatnya positif seperti bidang pendidikan, komunikasi dan bisnis, namun di sisi lain hal itu juga mengembangkan beberapa ancaman di Internet seperti virus, trojan horse, worm, dan spyware.

Namun sebelum membahas cara mangatasi ancaman tersebut ada baiknya kita memahami apa yang dimaksud dengan ancaman tersebut dan bagaimana mereka menyebar.
Virus adalah program atau kode yang menyalin atau menggandakan dirinya ke dalam program lain, ia melakukan replikasi dan menjalankan dirinya sendiri ke dalam system computer. Virus dapat menulari desktop dan server jaringan, beberapa virus diprogram untuk merusak komputer dengan merusak file-file program atau melakukan format terhadap hard disk. Terdapat pula virus lain yang tidak dirancang untuk melakukan perusakan, tetapi hanya melakukan replikasi dan menjalankan diri dalam bentuk file video dan pesan audio. Virus ini dapat membuat masalah bagi pengguna komputer. Mereka mengambil jatah memori komputer yang seharusnya digunakan oleh program-program penting, virus ini dapat menyebabkan system komputer mengalami crash atau sistem komputer berjalan lambat atau bahkan “hang”.

Virus terdiri dari banyak jenis dan cara mereka menjangkiti computer juga berbeda-beda yang salah satunya adalah virus file infector. Virus ini biasanya menjangkiti kode eksekusi, misalnya file Exe dan. Dll. Mereka bisa menulari file lain ketika program yang terinfeksi akan disalin dari disket, harddisk atau dari jaringan ke dalam computer yang semula tidak terjangkiti. Virus Boot sektor menulari boot record pada disket dan hard disk. Semua disket dan hard disk berisi program kecil di boot record yang dijalankan ketika komputer dijalankan. Virus boot sektor yang telah menajadi bagian dari Hardisk ini juga mengaktifkan dirinya saat kita menyalakan computer efek dari virus ini akan memperlambat system pada computer kita..

Virus Master boot record adalah sejenis virus yang menjadi bagian dalam master boot record dan cara kerjanya sama dengan virus boot sector. Untuk mengatasi masalah virus ini kita membutuhkan sebuah antivirus yang bai.

Worm juga hampir mirip dengan virus. Perbedaannya dengan virus adalah worm menggunakan jaringan komputer untuk mereplikasi dirinya sendiri. Worm mencari celah keamanan server dan mereplikasi dirinya dari celah itu. Worms adalah program yang mereplikasi dirinya sendiri ke dalam sistem komputer tanpa bantuan pengguna komputer. Worm ini biasanya menyusup ke dalam file dokumen seperti Word atau Excel.

Untuk menyingkirkan semua jenis ancaman ini kita harus meng-install antivirus yang bisa banyak kita dapatkan pada situs-situs penyedia antivirus. Tetapi jangan lupa bahwa virus setiap saat berkembang dengan cara-cara yang lebih canggih sehingga kita harus tetap melakukan update terhadap antivirus yang telah kita install agar dapat tetap mengenali virus-virus baru yang terus bermunculan setiap hari. Jadi saat antivirus yang kita install melakukan scan terhadap virus menggunakan database antivirus yang selalu baru. Update database antivirus ini dianjurkan paling tidak sekali dalam seminggu.


Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment