Memahami CPU Clock dan Front Side Bus Speeds


CPU atau Central Processing Unit, yang sering disebut prosesor, biasanya disebut juga sebagai otak komputer karena cara kerjanya seperti otak pada manusia juga. Komponen ini bertanggung jawab terhadap seluruh proses yang dijalankan oleh komputer. Apabila kita membeli komputer desktop ada dua hal penting yangharus diperhatikan yakni clock speed dan Front Side Bus speed.

Clock Speed

Clock speed atau clock rate dari sebuah komputer desktop menunjukkan frekwensi sebuah prosesor beroperasi dalam satu detik. Satuan untuk kecepatan tersebut dinyatakan dalam megahertz atau gigahertz. Sebuah prosesor lama dengan kecepatan 800MHz mampu berputar sebanyak 800 kali setiap detik, sementara prosesor yang lebih baru dengan kecepatan 3.2GHz mampu berputar sebanyak 3200 putaran per detik.

Sebuah CPU komputer memerlukan satu atau beberapa kali putaran untuk melakukan sebuah proses. Oleh karena itu clock speed dapat memberikan gambaran kepada kita seberapa besar kecepatan prosesor dalam melakukan sebuah proses. Secara umum dapat dikatakan bahwa semakin besar clock speed pada CPU desktop anda maka semakin banyak proses yang dapat dilakukan dalam setiap detik yang otomatis akan semakin cepat pula CPU tersebut dalam memproses data.

Front Side Bus Speed

Front Side Bus speed atau FSB speed mengindikasikan seberapa cepat CPU komputer melakukan komunikasi dengan RAM (Random Access Memory) atau sistem memori. Apabila kita bandingkan dua buah komputer yang mempunyai kecepatan clock yang sama namun berbeda FSB-nya maka yang mempunyai FSB lebih besarlah yang akan lebih cepat memproses data.

Kecepatan FSB dapat diukur dalam MHz namun lebih tepat dinyatakan dalam satuan Megatransfers per second (Mt/s). Menyatakan kecepatan FSB dalam Mt/s adalah lebih tepat karena kecepatan FSB sebenarnya adalah gabungan kecepatan FSB dan jumlah transfer data yang dapat dilakukan oleh prosesor per satu putaran. Sebuah CPU komputer desktop dengan FSB 200MHz yang mampu melakukan transfer data sebanyak 4 kali pada setiap putaran mempunyai kecepatan efektif FSB sebesar 800 Mt/s.

Mudah-mudahan sekarang anda sudah bisa membedakan antara CPU clock speed dan FSB speed, jadi jangan lupa untuk memeriksa kedua hal tersebut pada saat anda akan membeli sebuah komputer. Angka-angka tersebut mampu membantu anda memilih jenis prosesor yang memberikan kinerja terbaik bagi kebutuhan komputer anda.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

tutorial blog said...

wah makasih admin tutorialnya bermanfaat ,, thanks..

Post a Comment