Situs “Terkotor” di Internet




Internet bagi kebanyakan orang telah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari yang sulit untuk ditinggalkan. Ada yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain, berbelanja, menggunakan fasilitas perbankan dsb. Dengan banyaknya pengguna internet, banyak sekali situs yang dikunjungi. Sebagian orang-orang tersebut sangat merasa senang mengunjungi sebuah situs tanpa mempertimbangkan apakah situs tersebut aman atau tidak. Namun kita harus berhati-hati agar tidak masuk ke dalam sebuah situs yang akan menipu kita, mencuri data pribadi atau membahayakan komputer kita.

Norton Safe Web, adalah sebuah layanan Web site rating dari Symantec merilis sebuah laporan yang disebut "Dirtiest Web Sites of Summer 2009". Mereka memasukkan 100 situs "worst of the worst" yang terdeteksi memiliki ancaman paling besar, laporan ini dirilis dalam bulan agustus 2009.

Tidaklah mengejutkan bahwa 48% dari daftar situs tersebut adalah situs yang memiliki content untuk orang dewasa. Beberapa dari situs tersebut kelihatan sama sekali tidak beresiko karena topik yang mereka bahas adalah topik umum seperti catering, berburu rusa, skating, legal service, dan jual beli barang elektronik. Ancaman yang paling banyak ditemukanpada situs-situs tersebut adalah Malware - khususnya virus – kemudian diikuti oleh resiko keamanan dan eksploitasi browser. Hanya dengan melakukan klik atau mengunjungi situs tersebut akan menempatkan komputer kita pada kemungkinan terinfeksi. Atau yang lebih buruk adalah para pencuri identitas di dunia maya akan dapat mengakses informasi pribadi atau informasi perbankan anda.

Riset yang dibuat oleh Symantec menunjukkan bahwa ancaman secara online tersebut telah berkembang menjadi sebuah cybercriminals telah menemukan cara baru untuk mencuri identitas pribadi. Situs-situs dalam daftar tersebut memiliki rata-rata ancaman sebanyak 18,000 dan 40 situs lainnya mempunyai ancaman lebih dari 20,000.

Berikut beberapa daftar situs-situs tersebut :

* 17ebook.com - 118 ancaman
* aladel.net - 32939 ancaman
* clicnews.com - 8564 ancaman
* fantasticfilms.ru - 4779 ancaman
* ginedis.com - 15127 ancaman
* hdvideoforums.org - 5722 ancaman
* hihanin.com - 7241 ancaman
* kingfamilyphotoalbum.com - 10999 ancaman
* mactep.org - 16594 ancaman
* marbling.pe.kr - 9138 ancaman
* nacjalneg.info - 3624 ancaman
* pronline.ru - 5909 ancaman
* purplehoodie.com - 11235 ancaman
* qsng.cn - 48 ancaman
* seksburada.net - 1505 ancaman
* stock888.cn - 122 ancaman
* tathli.com - 812 ancaman
* teamclouds.com - 10123 ancaman
* xnescat.info - 3624 ancaman
* yt118.com - 4438 ancaman

Sumber: http://safeweb.norton.com/

Situs-situs tersebut hanyalah situs yang dapat diidentifikasi dan masih banyak situs lain yang belum teridentifikasi, namun sepanjang anda tidak melakukan surfing kedalam situs yang “aneh-aneh” serta tidak gampang memberikan data pribadi anda ke dalam sebuah situs tanpa tujuan yang jelas, maka kita sudah meminimalisir resiko terinfeksi virus dari sebuah situs.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment