Memilih adapter wireless


Peran adapter jaringan nirkabel (wireless) adalah seperti adapter jaringan lainnya, yakni digunakan untuk menghubungkan LAN. Kartu jaringan wireless adalah perangkat untuk menerima dan mengirim sinyal yang hanya berfungsi pada WLAN. Sesuai dengan jenis port, adapter jaringan nirkabel dibagi menjadi beberapa jenis: PCMCIA, PCI, Mini PCI, USB, CF / SD dan seterusnya. Jenis yang paling sering digunakan adalah PCMCIA (hanya digunakan pada laptop), PCI (khusus digunakan dalam komputer desktop) dan jenis USB (tersedia untuk laptop dan desktop PC). Saat ini merk yang paling populer adalah INTEL, TP-LINK, FAST dll, dengan main rate 54M dan 108M. Tapi kinerja perangkat ini tidak semua sama, bervariasi tergantung kualitas sinyal, stabilitas dan juga harga.

Menyangkut kualitas sinyal ini jika Anda menggunakan laptop, maka disarankan untuk menggunakan jenis PCMCIA, jika anda menggunakan desktop, yang terbaik adalah untuk memilih jenis untuk kualitas sinyal yang lebih baik, karena kedua jenis adapter tersebut memiliki antena eksternal. Namun jika anda lebih memilih kenyamanan maka jenis adapter USB mungkin lebih cocok untuk anda, tetapi sinyal tidak begitu bagus dibandingkan dengan kedua type sebelumnya dalam kondisi yang sama. Dengan kata lain bila dibandingkan maka antara ketiga jenis adapter tersebut maka urutan yang memiliki kualitas sinyal terbaik adalah kualitas sinyal dari adapter jenis PCI yang terbaik, kedua adalah jenis PCMCIA dan berikutnya adapter jenis USB.

Masalah stabilitas adapter jenis PCMCIA memerlukan pasokan listrik sehingga dapat menimbulkan panas sama halnya dengan adapter jenis USB. Karena jenis adapter jaringan PCI dimasukkan ke dalam slot PCI, tidak memiliki masalah di power supply sehingga lebih unggul dibandingkan dua jenis adapter yang lain.

Pertimbangan dalam hal harga, dengan merk serta fitur yang sama, jenis adapter USB relatif lebih mahal, sementara harga jenis adapter PCI dan PCMCIA hampir sama.


Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment