Tips mempercepat startup



Pada saat kita menyalakan komputer untuk pertama kali dan mulai melakukan proses booting hingga keluar tampilan desktop, itulah yang disebut dengan proses startup. Pada proses ini adakalanya sebuah komputer memakan waktu yang cukup lama karena harus memuat banyak aplikasi atau program yang sebenarnya tidak kita perlukan. Untuk mempercepat proses tersebut kita dapat memilih hanya program tertentu yang benar-benar kita perlukan saja yang diproses pada saat komputer startup. Berikut langlah-langkahnya :

• Klik tomobol Start kemudian pilih Run.
• Ketik "msconfig" pada jendela yang terbuka dan tekan "ENTER".
• Klik pada tabulasi startup tab pada system konfigurasi
• Pada kolom startup akan terlihat semua program yang diproses pada saat komputer melakukan startup. Anda bisa membuang program-program yang tidak diperlukan seperti: Quicktime, MSN Messenger dsb dengan menghilangkan centang (uncheck) pada program tersebut. Jangan membuang program yang benar-benar diperlukan seperti Antivirus. Beberapa nama program mungkin saja cukup membingungkan, anda bisa melihat lokasi penyimpanan program tersebut. Hal itu akan membantu anda lebih memahami program tersebut.
• Langkah terakhir pilih OK dan komputer akan melakukan restart.

Dengan jumlah program yang dimuat lebih sedikit pada saat proses startup tentu saja akan membuat komputer lebih cepat saat melakukan proses ini yang akan ikut menghemat waktu anda.




Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

1 comments:

ganteng said...

Saya udah coba mas dan ternyata kompie saya yang biasanya lambat banget kalau startup sekarang wush..wush.. terima kasih tipsnya.

Post a Comment