Memperbaiki laptop yang terkena air



Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling berharga yang memungkinkan anda untuk bekerja, bermain dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu laptop harus diperlakukan dengan hati-hati. Kadang-kadang laptop yang terkena air mungkin masih bisa menyala tanpa memperlihatkan tanda adanya kerusakan, namun seharusnya laptop yang terkena air jangan dinyalakan apabila anda belum yakin benar bahwa bagian internal atau komponen laptop yang belum benar-beanr kering. Jika anda mencoba untuk menyalakan sebuah laptop yang basah, komponen internal dari sistem akan rusak ketika dialiri arus listrik. Laptop yang terkena air juga dapat menimbulkan kerusakan pada baterai akibat adanya hubungan pendek.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan bila laptop anda terkena air atau cairan lainnya :

1. Apabila saat terkena air laptop terkoneksi dengan sumbel listrik (PLN) maka segeralah cabut kabel power dan lepaskan baterai laptop segera. Cara melepas baterainya adalah dengan membuka pengunci dan melepaskan baterai sesuai dengan petunjuk yang ada pada bagian belakang laptop. Jangan lupa cabut dulu kabel power dari sumber listrik PLN.

2. Lepaskan semua device yang terhubung dengan laptop dan dengan hati-hati gunakan lap untuk menyeka semua bagian yang terkena air hingga air terserap seluruhnya.

3. Bila laptop anda sudah habis masa garansinya, anda bisa melepaskan komponen-komponen seperti RAM, konektor layar, hard disk dsb. Sebelum anda melakukan hal ini pastikan terlebih dahulu bahwa anda mengetahui informasi cara membongkar komponen dari website laptop anda. Bila anda tidak yakin dapat melakukannya maka jangan sekali-kali melakukan tindakan ini. Keringkan setiap komponen yang basah dengan lap kering atau bisa juga kita mengeringkannya dengan menaruhnya di depan kipas angin dan jangan mengeringkan komponen tersebut di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat menggunakan pengering rambut dengan setelan panas yang paling rendah. Setelah anda yakin bahwa semua komponen tersebut telah kering maka anda bisa mulai memasangnya kembali. Namun sekali lagi saya ingatkan jika anda tidak yakin dengan langkah ini maka jangan lakukan. Cara sederhana lain adalah simpan laptop pada wadah yang besar dan isilah wadah tersebut dengan beras, karena beras mempunyai kemampuan menyerap air dengan baik. Bila anda masih belum juga yakin dengan langkah ini, lakukan langkah berikutnya.

4. Matikan laptop paling tidak selama 72 jam dengan kondisi baterai tidak terpasang. Sementara itu anda dapat menaruh laptop di depan kipas angin untuk mengeringkannya.

5. Setelah laptop benar-benar kering, anda bisa coba untuk menyalakannya kembali setelah memasang baterai. Bila laptop masih belum menyala juga maka tunggu beberapa hari lagi karena mungkin masih ada sisa cairan di dalam. Bila setelah beberapa hari laptop masih juga belum bisa menyala maka anda harus membawanya ke bengkel komputer.

Tindakan yang cepat sangat diperlukan bila laptop kita terkena air atau cairan lainnya. Walaupun laptop anda masih dalam masa garansi, namun kebanyakan untuk jenis kerusakan ini tidak masuk dalam kategori kerusakan yang digaransi oleh pabrik.



Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

11 comments:

Anonymous said...

aslam . sy nk tny , klau lptop yg kna air , sy trus on kan then baru jemur , bila balik , keyboard dy susah nak berfungsi, cursor dy suka lari, mcm mna tu ya ?

Anonymous said...

wassalam
tadi malam laptop saya kena air, saya lap bentar, terus saya on kan dia hidup, saya matikan lagi dan saya keringkan, paginya saya coba hidupkan laptopnya booting saya coba masukkakn pasword terus dia restart lagi, saya coba hidupkan lagi terus dia restart sendiri apa msalahnya ?
thanks

Anonymous said...

laptop saya terkena tumpahan pop mie pd keyboard dlm keadan nyala, kemudian saya lap tpi ad bbrapa tmbol keyboard yang tidak berfungsi,, llu saya matikan dan sy hidupkan lagi tetap tombol keyboardnya tak bisa brfungsi,, kemudian bsoknya sya coba hidupkan, saat booting ad suara beep pendek berulang-ulang dan tidak bisa masuk ke windows,,.. itu masalahnya ap yah?? mohon bantuannya.,

harun the killer said...

laptop saya acer, keyboardnya terkena air jus anggur, sudah tuh sya matiin, sayahidupin lagi keyboard gak bisa dipencet. bagaimana solusinya
kalau diservice brp ya kira-kira

DE4DS0UL11 G4MER said...

assalammualaikum wr.wb laptop saya asus Kan saya udh keringkan laptop saya dan saya coba membukanya kembali tapi lcdnya tidak gambar tapi tombol power dll masih idup kenapa ya? Apakah lcdnya yg rusak? Tolong solusinya min! :'(

DE4DS0UL11 G4MER said...

Kalo di servis mungkin 100rb-300rb

DE4DS0UL11 G4MER said...

Kalo di servis mungkin 100rb-300rb

DE4DS0UL11 G4MER said...

assalammualaikum wr.wb laptop saya asus Kan saya udh keringkan laptop saya dan saya coba membukanya kembali tapi lcdnya tidak gambar tapi tombol power dll masih idup kenapa ya? Apakah lcdnya yg rusak? Tolong solusinya min! :'(

Mutiara Sari said...

dear admin

min.kemarin laptop aku kena hujan, semuanya sudah di keringkan tapi pas di nyalakan ..ada seperti gradasi cahaya min...cara menanggulanginya gimana ya?

Mutiara Sari said...

dear admin

min.kemarin laptop aku kena hujan, semuanya sudah di keringkan tapi pas di nyalakan ..ada seperti gradasi cahaya min...cara menanggulanginya gimana ya?

selimut said...

ribet ya kalo udah ketumpahan air..

Post a Comment