Teknologi Dual Layer DVD




DVD adalah salah satu jenis cakram padat penyimpan data yang secara perlahan digeser dengan format format Blu ray. Mungkin ada yang belum tahu kepanjangan DVD, DVD adalah Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc.

Satu keping cakram DVD mampu menyimpan data sekitar enam kali lebih banyak dari cakram CD. Dengan datangnya teknologi baru yakni format HD yang sedang berkembang saat ini, DVD kadang-kadang disebut sebagai SD DVD (Standard DVD). HD DVD (High Definition DVD) atau lebih dikenal dengan Blu Ray tidak lama lagi akan tersedia di pasar untuk menggantikan DVD. Untuk menulis data pada DVD digunakan laser warna merah dengan panjang gelombang yang berada di kisaran 650 nm. Sejak menggunakan ukuran gelombang 650, memungkinkan untuk menuliskan data yang lebih tepat pada permukaan cakram DVD, sehingga lebih mengompresi data dan meningkatkan kapasitas data yang disimpan.

DVD-R dan DVD + R hanya dapat merekam data satu kali, yang kemudian hanya dapat dibaca tapi tidak dapat digunakan untuk menyimpan data kembali. Single layer DVD memiliki ruang penyimpanan data sekitar 4,7 GB. Jenis lain dari cakram DVD adalah dual layer DVD. Dual Layer adalah teknologi yang memungkinkan ruang penyimpanan data hingga 8,5 GB pada cakram DVD + R. Dengan teknologi Dual Layer (DL), maka dapat menyimpan dalam dua layer (lapisan) pada satu sisi cakram DVD. Untuk dapat melakukan penyimpanan data format ini, aktifkan Dual layer DVD burner dan menggunakan media dual layer DVD. Dual layer juga disebut sebagai double layer dan ditulis dengan DVD + R DL dan DVD-R DL pada cakram DVD. Kecepatan perekaman data pada jenis DVD dual layer media lebih rendah bila dibandingkan dengan kecepatan perekaman data pada DVD Single layer. Untuk jenis DVD-RW, DVD + RW, DVD-RAM adalah jenis DVD yang dapat digunakan untuk menyimpan ulang data beberapa kali. Anda dapat menyimpan sebuah file kemudian menghapus serta menyimpan file baru pada jenis DVD tersebut.


Artikel Lain



Share/Save/Bookmark

0 comments:

Post a Comment